Cari di Blog Ini

Rabu, 08 Juli 2015

Tips Membubut Kuningan

Ada beberapa pertanyaan  seputar pembubutan Kuningan seperti berikut....


Hi-- Beberapa pertanyaan newbie disini. saya telah menggunakan mesin bubut  6" saya untukmembubut  kayu (pena) tapi sekarang saya akan menggunakannya untuk membubut beberapa kuningan.
  1. Apa jenis (bahan) pahat yang harus saya gunakan?
  2. Seberapa cepat rata-rata putaran mesin bubut ? 
  3. Telah diberitahu saya perlu  minyak/pendingin, terutama untuk memotong -- apa sebenarnya pendingin/minyak yang cocok dipakai? Dapatkah saya menggunakan hal-hal yang sama yang saya gunakan untuk meminyaki bahan yang lain? Terima kasih

http://www.robotroom.com
picture from http://www.robotroom.com

Jawaban penulis

Membubut bahan seperti kuningan,bronze,atau aluminium bagi sebagian orang sangat menyenangkan. Bahannya cenderung lebih lunak dari baja umum,tidak terlalu merepotkan dengan pendingin. Tapi yang membuat sebagian tukang bubut lain tidak menyukainya adalah tatal atau chip pemotongan kuningan yang tajam dan berhamburan. Berikut jawaban saya walaupun bukan expert,tapi berdasar pengalaman..
  1. Pahat HSS atau Carbide sama-sama bisa dipakai. Tips memilihnya ada disini.  HSS bisa memeakan lebih banyak tapi hati-hati. Karena struktur bahan kuningan,pahat HSS bisa masuk terlalu dalam dan....prakkkk!!!! bahan dan pahat bisa rusak. Jadi lebih dianjurkan pahat carbide apalagi proses pembubutan kasaran(rough).
  2. Cepat lambatnya RPM mesin bubut bergantung pada besar kecilnya bahan dan juga keras tidaknya bahan. Baca juga post ini . Jadi meskipun kuningan relatif "empuk" kalau diameternya besar dan cukup panjang ya ga bisa ngebut juga dong...... untuk diameter 1" saya biasa pake antara 600-800 rpm,pada pebubutan luar atau dalam,... bukan proses ngedrat lah pastinya....yang hanya 200an rpm.
  3. Membubut kuningan,bronze dan aluminium ,saya jarang menggunakan pendingin. Setelah proses selesai cukup dibersihkan dengan kain dan hasilnya akan mengkilap. Tapi untuk proses pembubutan yang banyak,pendingin yang bisa dipakai adalah solar atau minyak tanah. Dan untuk pembubutan ulir yng tebal saya menggunakan oli.
Itulah sedikit tips dalam proses pembubutan kuningan. Semoga bermanfaat. Happy chiping..... Selamat membuat tatal.... :) 

0 comments:

Labels

aksesoris alat tangan Aplikasi Android aplikasi caliper aplikasi lathe worker aplikasi mesin bubut bahan kerja bahaya mesin bubut baja karbon bearing belajar mesin bubut belajar bubut belajar mesin bubut bengkel bubut besi cor cara download rekaman smule cara membubut cara mengecor logam carbide tungsten chuck rahang empat chuck rahang tiga cutting feed drat drat sumur bor foto job fungsi mesin bubut galungan gambar ulir games tukang bubut hari raya inchi jangka sorong jenis ulir jig job job bubut jual mesin bubut jual mesin kertas rumput jual mesin potong batu jual mesin potong pandan jual sok drat kartel kecepatan potong keselamatan knurling kuningan las-bubut maintenance mata bor membuat lubang membuat mesin bubut kayu membuat ulir membubut alur membubut eksentrik membubut lubang membubut rumah bearing membubut tirus membubut ulir' ulir segi tiga menbubut luar menghitung berat logam mesin batu candi mesin bor mesin bor frais mesin bubut mesin bubut bekas mesin bubut china mesin bubut kayu sederhana mesin frais mesin jigsaw mesin kertas rumput mesin lain mesin perkakas mesin potong batu Mesin potong batu candi mesin potong pandan mesin rajang pandan metode pencekam benda mesin bubut micrometer milimeter milling mobil esemka pahat bubut pahat bubut karbide pahat bubut lubang pahat potong paper shreder pemotongan mesin bubut pendingin pengecoran pengetahuan bahan pengukuran perawatan perlengkapan mesin bubut pipa produk produksi proyek rpm mesin bubut SMK snei dan tap springback tahun baru imlek tangga besi tehnik bubut tips tips and trick tips dan trik tumpek landep. tutorial tutorial mesin bubut tv online streaming ulir segi empat ulir segi tiga waktu membubut waktu pembubutan wanita dan mesin bubut women on lathe zubal

Yang Lagi Serius




 

Google+ Followers

About Me

Foto Saya

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Copyright © 2009-2016 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger