Tentang Kami | Produk | Kontak | Video | Galeri | Download | Disclaimer | Sitemap

Tutorial Mesin Bubut di blog ini ditujukan buat pemula dan penghobi.....  Mohon masukan dari para master.......
Silahkan Pilih Warna Latar Blog ini Sesuai Dengan kenyamanan Yang Anda Suka


Jika anda menemukan laman ini dari google search,silahkan klik tombol google plus dibawah ini agar laman ini lebih gampang terindeks


Sabtu, 14 Januari 2012

Kapan Menggunakan Pahat HSS atau Carbide?


Dalam setiap sistem permesinan, salah satu yang tidak bisa diabaikan adalah peran penting  alat pemotong. Sering kali, kualitas produk akhirnya akan bergantung pada kualitas alat pemotong. Kualitas dan kinerja alat pemotong juga akan secara langsung mempengaruhi produktivitas secara keseluruhan sistem permesinannya. Maka dari itu sebelum proses pembubutan kita harus menentukan kriteria pahat bubut yang akan digunakan.
Termasuk dalam kriteria ini adalah kemampuan alat untuk bertahan lama dalam kondisi operasi yang ketat dan kemampuan mereka untuk melakukan pemotongan pada kecepatan yang sangat tinggi. Juga penting adalah ketahanan terhadap keausan, termasuk ketahanan terhadap kerusakan, dan  ketahanan terhadap panas.

Jadi kapan kita menggunakan pahat HSS dan kapan menggunakan pahat carbide?

Sebelumnya ada baiknya kita kembali menyimpulkan tutorial sebelumnya tentang kedua jenis pahat bubut ini.

Baja kecepatan tinggi (HSS)
Tidak stabil. Relatif Murah. Mempertahankan kekerasan pada suhu moderat. Bahan pemotong alat yang paling umum digunakan saat ini. Digunakan secara luas untuk mata bor,pahat bubut dan tap. Kekerasan sampai sekitar 67 HRC.

Carbide
Stabil. Cukup mahal. Bahan yang paling umum digunakan dalam industri saat ini. Hal ini ditawarkan dalam beberapa "nilai" yang mengandung proporsi yang berbeda dari tungsten karbida dan pengikat (biasanya kobalt). Tinggi resistensi terhadap abrasi. Kelarutan tinggi zat besi membutuhkan penambahan tantalum karbida dan karbida niobium untuk penggunaan baja. Kegunaan utamanya adalah dalam mengubah bit alat meskipun sangat umum untuk pahat bubut. Kekerasan sampai sekitar 90 HRC.

Jadi Kelebihan pahat carbide diantaranya:

- Ketangguhan

- ketahanan terhadap abrasi

- ketahanan aus

- Resistensi terhadap deformasi termal/perubahan bentuk karena panas

- Torsi kekuatan dua kali lipat dari HSS

Jadi jelas bahwa kita sebaiknya menggunakan pahat HSS untuk mengerjakan material baja umum atau besi biasa(ST42), sedangkan untuk material baja dengan kekerasan diatasnya lebih tepat menggunakan pahat carbide.

Bahan                       Pahat Bubut
Kayu HSS
Plastik HSS
Teplon HSS
Nilon HSS
Baja umum(ST42) HSS
Aluminium HSS
Besi cor carbide
Kuningan carbide
Bronze carbide
Baja(ST60+) carbide
stainless carbide







Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...