Cari di Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 14 Januari 2012

Kapan Menggunakan Pahat HSS atau Carbide?


Dalam setiap sistem permesinan, salah satu yang tidak bisa diabaikan adalah peran penting  alat pemotong. Sering kali, kualitas produk akhirnya akan bergantung pada kualitas alat pemotong. Kualitas dan kinerja alat pemotong juga akan secara langsung mempengaruhi produktivitas secara keseluruhan sistem permesinannya. Maka dari itu sebelum proses pembubutan kita harus menentukan kriteria pahat bubut yang akan digunakan.
Termasuk dalam kriteria ini adalah kemampuan alat untuk bertahan lama dalam kondisi operasi yang ketat dan kemampuan mereka untuk melakukan pemotongan pada kecepatan yang sangat tinggi. Juga penting adalah ketahanan terhadap keausan, termasuk ketahanan terhadap kerusakan, dan  ketahanan terhadap panas.

Jadi kapan kita menggunakan pahat HSS dan kapan menggunakan pahat carbide?

Sebelumnya ada baiknya kita kembali menyimpulkan tutorial sebelumnya tentang kedua jenis pahat bubut ini.

Baja kecepatan tinggi (HSS)
Tidak stabil. Relatif Murah. Mempertahankan kekerasan pada suhu moderat. Bahan pemotong alat yang paling umum digunakan saat ini. Digunakan secara luas untuk mata bor,pahat bubut dan tap. Kekerasan sampai sekitar 67 HRC.

Carbide
Stabil. Cukup mahal. Bahan yang paling umum digunakan dalam industri saat ini. Hal ini ditawarkan dalam beberapa "nilai" yang mengandung proporsi yang berbeda dari tungsten karbida dan pengikat (biasanya kobalt). Tinggi resistensi terhadap abrasi. Kelarutan tinggi zat besi membutuhkan penambahan tantalum karbida dan karbida niobium untuk penggunaan baja. Kegunaan utamanya adalah dalam mengubah bit alat meskipun sangat umum untuk pahat bubut. Kekerasan sampai sekitar 90 HRC.

Jadi Kelebihan pahat carbide diantaranya:

- Ketangguhan

- ketahanan terhadap abrasi

- ketahanan aus

- Resistensi terhadap deformasi termal/perubahan bentuk karena panas

- Torsi kekuatan dua kali lipat dari HSS

Jadi jelas bahwa kita sebaiknya menggunakan pahat HSS untuk mengerjakan material baja umum atau besi biasa(ST42), sedangkan untuk material baja dengan kekerasan diatasnya lebih tepat menggunakan pahat carbide.

Bahan                       Pahat Bubut
Kayu HSS
Plastik HSS
Teplon HSS
Nilon HSS
Baja umum(ST42) HSS
Aluminium HSS
Besi cor carbide
Kuningan carbide
Bronze carbide
Baja(ST60+) carbide
stainless carbide







0 comments:

Labels

aksesoris alat tangan bahan kerja bahaya mesin bubut baja karbon bearing belajar bubut bengkel bubut besi cor cara download rekaman smule cara membubut cara mengecor logam carbide tungsten chuck rahang empat chuck rahang tiga cutting feed drat drat sumur bor foto job fungsi mesin bubut galungan gambar ulir hari raya inchi jangka sorong jenis ulir jig job job bubut jual mesin bubut jual mesin kertas rumput jual mesin potong batu jual mesin potong pandan jual sok drat kartel kecepatan potong keselamatan knurling kuningan las-bubut maintenance mata bor membuat lubang membuat mesin bubut kayu membuat ulir membubut alur membubut eksentrik membubut lubang membubut rumah bearing membubut tirus membubut ulir' ulir segi tiga menbubut luar menghitung berat logam mesin batu candi mesin bor mesin bor frais mesin bubut mesin bubut bekas mesin bubut china mesin bubut kayu sederhana mesin frais mesin kertas rumput mesin perkakas mesin potong batu Mesin potong batu candi mesin potong pandan mesin rajang pandan micrometer milimeter milling mobil esemka pahat bubut pahat bubut karbide pahat bubut lubang pahat potong paper shreder pemotongan mesin bubut pendingin pengecoran pengetahuan bahan pengukuran perawatan perlengkapan mesin bubut pipa produk produksi proyek rpm mesin bubut SMK snei dan tap springback tahun baru imlek tangga besi tehnik bubut tips tips and trick tumpek landep. tutorial tutorial mesin bubut tv online streaming ulir segi empat ulir segi tiga waktu membubut wanita dan mesin bubut women on lathe zubal

Yang Lagi Serius




 

Copyright © 2009-2016 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger