++ Cara Menggunakan Hand Tap yang Baik dan Benar - Belajar Mesin Bubut

Cari di Blog Ini

Thursday, February 22, 2018

Cara Menggunakan Hand Tap yang Baik dan Benar

Sekilas saya pernah posting tentang Tips dan Trik menggunakan hand tap di blog ini,namun kali ini karena ada waktu lebih saya akan posting lagi dengan lebih dalam dan tajam setajam gram kuningan ,wkwkwkwk...
Ingat,ini untuk pemula,untuk flashback dan untuk introspeksi diri buat sobat blog Belajar Mesin Bubut ini,nah kan ngelantur...
Oke,ada beberapa hal yang sudah kita tahu sama tahu
1.Tap Itu Rapuh,Pelan pelan saja tapi pasti
Mematahkan tap,apalagi patahannya di bawah permukaan benda kerja alias di dalam,akan membuat kita stress. Segala umpatan dan sumpah serapah keluar...
Tapi yang sabar ya bosss… (bacanya ga usah kaya si Sopo) :p
Makanya hati hati saat membuat ulir dengan tap. Bahan tap itu keras dan rapuh. Salah sedikit patah. Celakanya patahannya ga bisa di bor pula. Mending kalo patahnya diluar permukaan,masih ada peluang mencabutnya.
Jadi kunci pertama menggunakan tap ialah hati hati,pelan pelan.
Gunakan setang tap yang benar,daripada menggunakan kunci inggris atau tang. Kenapa,karena mereka,si kunci atau tang memberi beban tidak simetris,satu sisi saja sehingga peluang tap patah semakin besar.
Selain itu,pastikan posisi tap lurus dengan lobang. Miring sama dengan nabrak sama dengan patah..
2.Gunakan tap sesuai urutannya
Umumnya satu set Tap terdiri dari 3 buah.
Taper,yang paling tirus. 7-10 dratnya dichamper,lebih kecil dari ukuran aslinya. Tujuannya untuk mempermudah proses awal pengetapan.
Plug ,tap nomer 2. Biasanya 3-5 dratnya nirus. Karena masih memiliki ketirusan, tap ini bisa juga dipakai sebagai tap pertama untuk pengerjaan bahan yang tidak keras banget.
Bottom, tap nomer 3. Tidak memiliki ketirusan yang berarti,hanya champer umum,karenanya bisa membuat ukuran drat normal sampai ke bottom atau dasar lubang yang buntu.
3.Lumasi bro,...
Proses pengetapan memang gak panas panas amat seperti mengebor,tapi pelumasan akan membuat licin,benar kan? Jadi tapnya bisa masuk lebih mudah dan tatalnya atau chipnya lebih mudah lepas. Ga usah banyak2, gunakan oli atau cairan khusus secukupnya aja.
4.Putuskan Tatalnya…
Pada pengetapan besi karbon umumnya,apalagi tapnya tajam, akan menghasilkan potongan chip atau tatal yang bisa panjang,yang tidak akan putus dengan sendirinya. Makanya putuskan! Putar tapnya sesekali ke arah balik maka “klik”tatalnya akan putus. Trus maju lagi dan balik lagi,begitu seterusnya maka tidak ada penumpukan tatal dan tap selamat sampai tujuan. Maksudnya sampai dratnya jadi
5.Pahami Jenis dan Ukuran Ulir
Di blog ini kita banyak membahas jenis2 ulir atau drat,silahkan dilihat postingan berlabel ulir. Kenapa saya bilang pahami lagi,karena praktiknya bisa saja kamu mengetap ulir dalam M6 untuk lakinya yang UNC ¼. Sekilas ini memang mirip. Beberapa barang di sekitar kita terutama peralatan made in USA atau Canada menggunakan ulir berstandar SAE (Society of Automotive Engineer). Ulir mereka menggunakan satuan TPI,thread per inchi,dan satu ukuran diameter memiliki dua ukuran TPI. Yang kasar disebut Unified National Coarse (UNC) dan yang halus disebut Unified National Fine (UNF).
Contoh kasus yang sering saya temui adalah pada pompa kolam renang. Merk umum dipakai adalah Hayward. Semua dratnya memakai Ulir inchi SAE ini.Inilah mengapa dalam proses pengetapan kita harus memahami jenis dan ukuran ulir.
6.Buatlah lobang yang ukurannya benar .
Bukankah sekarang semua ada aplikasi androidnya? Kalo sudah ada tabel perbandingan lubang bor dan tap sih oke. Tapi beberapa waktu lalu saya juga posting aplikasi  Android wajib bagi tukang bubut,salah satunya adalah Aplikasi perbandingan Tap dan Bor.
Lubang yang lebih besar dari seharusnya menghasilkan ulir yang dangkal,gampang dol lagi. Sebaliknya lubang yang kesempitan menyusahkan proses pengetapan. Kalo berhasilpun pasangannya akan seret masuknya.
7.Kualitas Tap.
Kita sering mendengar ungkapan ada harga ada kualitas.
Benar adanya,tap murahan dipakai sekali dua kali udah kelihatan penurunan ketajamannya. Sebaliknya yang mahal bisa dipakai sampai waktu yang lama. Semua kembali ke teman BMB semuanya,mau pakai yang murah atau mahal.
Ukuran Wajib yang diperlukan
Sebagai tambahan saya share sedikit beberapa ukuran Tap yang wajib kamu punya.
Untuk yang sering mengerjakan reparasi sepeda motor ukuran berikut wajib anda punya.
M6x1,0
M8x1,25
M10x1,25
M12x1,25
M10x1,0 ( Ini untuk memperbaiki lubang kepala pin kampas rem cakram)
Untuk yang mereparasi mesin mesin industri,yang wajib kamu punya adalah...
Semua ukuran diatas
M10x1,5
M12x1,5
M12x1,75
M14x1,5
M14x2
M16x2
Dan seterusnya,
W 1/4
W 3/8
W 1/2
W ⅝
W ¾
Dan seterusnya ...
Oke,segitu dulu tentang hand tap yang bisa saya tulis,kamu tentu punya pengalaman menggunakannya kan,ayo share di komentar...
Salam BMB..
Selanjutnya berbagai model hand tap sesuai kebutuhan.

0 comments:

 

About Me

My Photo

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Lencana Facebook

FB Page Admin

Copyright © 2009-2018 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger