++ Perbedan Antara Ulir UN,UNC,UNF,UNEF dan UNJ - Belajar Mesin Bubut

Cari di Blog Ini

Saturday, September 10, 2011

Perbedan Antara Ulir UN,UNC,UNF,UNEF dan UNJ

Sehubungan dengan adanya pertanyaan beberapa rekan tentangperbedaan ulir UNC dan UNF, maka kali ini saya akan melanjutkan postingan terdahulu tentang jenis-jenis ulir yang bisa dibuat di mesin bubut,tentunya disini akan kita bahas lebih spesifik. Bagi rekan yang belum paham tentang membuat ulir dengan mesin bubut,bisa juga mengabaikan postingan ini sementara waktu.... Oke,langsung saja.

Unified Thread Standard (UTS) mendefinisikan bentuk ulir standar dan seri-bersama dengan tunjangan, toleransi, dan sebutan untuk ulir yang biasa digunakan di Amerika Serikat dan Kanada. Ini memiliki profil 60° sama seperti ulir  metrik ISO yang digunakan di seluruh dunia, tetapi dimensi karakteristik dari setiap ulir UTS (diameter luar dan pitch) dipilih sebagai fraksi inci daripada nilai milimeter bulat. UTS saat ini dikendalikan oleh ASME / ANSI di Amerika Serikat.
Penunjukan standar untuk ulir UTS adalah nomor yang menunjukkan diameter (utama) nominal ulir, diikuti oleh jumlah ulir diukur dalam ulir per inci. Untuk diameter lebih kecil dari ¼ inci, diameter adalah ditunjukkan oleh jumlah integer didefinisikan dalam standar, untuk semua diameter lainnya, angka inci diberikan.

Pasangan Satuan ulir Unified ini diikuti oleh kombinasi huruf opsional yang menentukan serinya seperti : UNC, UNF atau UNEF jika kombinasi diameter-pitch dari "coarse/kasar", "fine/baik" atau "extra fine/ekstra baik" , dan mungkin juga diikuti oleh kelas toleransi.

Contoh: 1/2" - 20 UNF  (diameter utama: 0,5 inci, jumlah ulir: 20 tpi)


Petunjuk Aturan Ulir UN

Ini sebutan didefinisikan dalam ANSI / ASME B1.1 dengan modifikasi didefinisikan dalam ANSI / ASME SAE AS8879. Untuk rincian lengkap saya sarankan membaca standar, namun, di sini adalah penjumlahan dari sistem penetapan didefinisikan dalam standar ini:

UN = Unified National thread series
UNJ = Unified National thread series with external thread controlled root radius
UNS = Unified National Special thread series
UNJS = Unified National Special thread series with external thread controlled root radius
UNC = Unified National Coarse thread series
UNJC = Unified National Coarse thread series with external thread controlled root radius
UNF = Unified National Fine thread series
UNJF = Unified National Fine thread series with external thread controlled root radius
UNEF = Unified National Extra Fine thread series
UNJEF = Unified National Extra Fine thread series with external thread controlled root radius



Penunjukan pertama adalah sederhana:UN
UN (unified national) = standar Bersatu Nasional amerika.
UN digunakan untuk satu set seri ulir tertentu yang memiliki keseragaman atau konstan jumlah ulir-per-inci. Delapan ukuran konstan ulir-per-inci (TPI) seri: 4-TPI; 6-TPI; 8-TPI; 12-TPI; 16-TPI; 20-TPI; 28-TPI, dan 32-TPI.

Ditambahkan ke UN beberapa akhiran: C = Kasar; F = Baik; EF = Ekstra baik; Untuk kemudahan desain, dan standarisasi ukuran yang membaik, para penulis ANSI standar B1.1 telah membentuk bentuk standar Kasar, Fine dan Ekstra fine. Jadi, jika desain membutuhkan ulir kasar, diameter besar nominal dipilih dan kemudian ulir kasar untuk ukuran yang dapat diidentifikasi dalam standar dan digunakan dalam desain,begitu seterusnya.

Selain seri standar di atas, ditambahkan ke UN mungkin akhiran: S = Khusus. S digunakan ketika ulir yang ditunjuk yang tidak memenuhi salah satu parameter di atas. Hal ini digunakan untuk kombinasi nominal-major-diameter/thread-per-inch unik.

Kadang-kadang ditambahkan ke sebutan di atas adalah: R. penunjukan R adalah hanya sesuai untuk digunakan pada ulir sekrup eksternal. Penunjukan R digunakan untuk menunjukkan benang yang memiliki radius akar dikendalikan. Ini adalah jari-jari lebih kecil dari J-seri disebutkan berikutnya.

Juga kadang-kadang ditambahkan ke sebutan di atas, kecuali R, adalah: J. Penunjukan J digunakan untuk menunjukkan ulir yang dimodifikasi untuk memenuhi persyaratan ANSI / ASME SAE AS8879 (sebelumnya MIL-S-8879). J selalu ditambahkan atau disisipkan tepat setelah: UN. Untuk beberapa ukuran, ANSI / ASME SAE AS8879 juga menambahkan S setelah J, itu tidak akan menggantikan C, F atau EF.

Penerapan sistem penunjukan atas yang berkaitan dengan 3 / 4 "thread:

Untuk 3 / 4 "UN ukuran yang tersedia adalah: 3 / 4" -12 UN; 3 / 4 "-28 UN dan 3 / 4" -32 UN. Perhatikan bahwa: 4; 6; 8; 16; dan 20 ulir per inch tidak terdaftar. Sangat kasar: 4; 6, dan 8 terlalu kasar untuk menjadi praktis untuk Ulir 3 / 4 "Seri 16-TPI diganti oleh seri Fine  20-TPI.

Untuk 3 / 4 "UNC ukuran hanya 3 / 4" -10 UNC.

Untuk 3 / 4 "UNF ukuran hanya 3 / 4" -16 UNF. Perhatikan bahwa seri Fine atas penunjukan tetap dikuasai UN.

Untuk 3 / 4 "UNEF ukuran hanya 3 / 4" -20 Perhatikan UNEF bahwa seri Rupa Ekstra memiliki lebih dikuasai penunjukan tetap UN.

Untuk 3 / 4 "UNS ukuran yang lain bahwa Anda dapat menggabungkan, selain yang disebutkan di atas. Beberapa kombinasi seri umum khusus adalah: 3 / 4 "-14 UNS; 3 / 4" -18 UNS; 3 / 4 "-24 UNS; 3 / 4" -27 UNS.

Untuk lebih sederhana,mungkin bisa dipahami melalui tabel berikut

* 1-12 dulunya standar luas, tetapi 1-14 adalah UNF saat ini.
 

About Me

My Photo

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Lencana Facebook

FB Page Admin

Copyright © 2009-2018 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger