Tentang Kami | Produk | Kontak | Video | Galeri | Download | Disclaimer | Sitemap

Tutorial Mesin Bubut di blog ini ditujukan buat pemula dan penghobi.....  Mohon masukan dari para master.......
Silahkan Pilih Warna Latar Blog ini Sesuai Dengan kenyamanan Yang Anda Suka


Jika anda menemukan laman ini dari google search,silahkan klik tombol google plus dibawah ini agar laman ini lebih gampang terindeks


Kamis, 23 Februari 2012

Mesin Perkakas Lainnya :1.Mesin Milling


Karena adanya permintaan pembaca setia Belajar Mesin Bubut untuk memposting materi mesin perkakas lainnya,maka kali ini kami akan berusaha menyajikannya. Dan yang pertama kita bahas adalah Mesin Milling atau Mesin Frais.

Sebuah mesin milling adalah alat mesin yang digunakan untuk mengolah bahan yang solid. Mesin frais sering digolongkan dalam dua bentuk dasar, horisontal dan vertikal, yang mengacu pada orientasi poros utama. Kedua jenis terdiri dari berbagai ukuran dari kecil, yang terpasang di bangku sampai perangkat untuk ruangan berukuran besar. Tidak seperti bor tekan, yang memegang benda kerja stasioner dan bor bergerak secara aksial untuk menembus materi, mesin frais juga memindahkan benda kerja terhadap pemotong radial pisau yang berputar, yang memotong di sisi-sisinya serta ujungnya. Benda kerja dan gerakan pemotong justru dikendalikan menjadi kurang dari 0,001 di (0,025 mm), biasanya dengan menggunakan slide dasar presisi dan leadscrews atau teknologi analog. Mesin penggilingan dapat dioperasikan secara manual, mekanis otomatis, atau otomatis digital melalui kontrol numerik komputer (CNC).

Mesin frais dapat melakukan sejumlah besar operasi, dari yang sederhana (misalnya, slot alur pasak dan pemotongan, perencanaan, pengeboran) untuk kompleks (contouring misalnya, diesinking). Fluida Cutting sering dipompa ke tempat pemotongan untuk mendinginkan dan melumasi pemotongan dan mencuci menghilangkan gram yang dihasilkan.

Tipe Mesin Frais berdasarkan Sumbunya

Frais/Milling Vertikal
Vertical milling machine. 1: milling cutter 2: spindle 3: top slide or overarm 4: column 5: table 6: Y-axis slide 7: knee 8: base
Di Frais vertikal sumbu poros adalah berorientasi vertikal. Pisau potongnya berada di poros dan berputar pada porosnya. Spindel umumnya dapat diperpanjang (dapat dinaikkan / diturunkan, memberikan efek yang sama), yang memungkinkan pemotongan dalam dan pengeboran. Ada dua subkategori Frais vertikal: Frais Bed dan Frais menara.

  • Sebuah Frais menara memiliki spindle stasioner dan mejanya bisa dipindahkan baik tegak lurus dan sejajar dengan sumbu poros untuk menyelesaikan pemotongan. Jenis ini lebih sering kita sebut bor frais, karena memiliki pena yang memungkinkan mata pisaunya akan diangkat dan diturunkan dengan cara yang mirip dengan bor tekan. Jenis mesin ini menyediakan dua metode pemotongan dalam arah (Z) vertikal: dengan menaikkan atau menurunkan tuasnya itu, dan dengan menaikkan mejanya.

  • Di Frais Bed, bagaimanapun, meja bergerak hanya tegak lurus terhadap sumbu poros, sementara pisaunya itu sendiri bergerak sejajar dengan porosnya sendiri.
mesin bor frais

Mesin Milling vertikal umumnya dianggap oleh beberapa kalangan menjadi lebih fleksibel dari dua desain itu. Namun, Bor Frais hanya praktis selama mesin masih relatif kecil. Seiring dengan peningkatan ukuran mesin, menggerakkan meja atas dan ke bawah membutuhkan usaha yang cukup besar dan juga menjadi sulit untuk mencapai pegangan tuas penekan bor (jika dilengkapi). Oleh karena itu, mesin Milling tipe menara yang lebih besar biasanya dari jenis Bed Milling.

Juga untuk dicatat adalah mesin milling tipe tiang/menara, disebut bor frais. Hal ini cukup populer dengan penggemar, karena ukurannya yang kecil dan harga lebih rendah. Sebuah bor frais ini mirip dengan bor tekan, kecil namun dilengkapi dengan meja XY.


Frais/Milling Horizontal
Horizontal milling machine. 1: base 2: column 3: knee 4 & 5: table (x-axis slide is integral) 6: overarm 7: arbor (attached to spindle)

Sebuah milling horizontal memiliki jenis yang sama dari segi meja yang bisa bergerak x-y, tapi pemotongnya  dipasang pada sebuah sumbu horizontal (lihat Arbor ) di seberang meja. Banyak milling horisontal juga memiliki fitur built-in meja putar yang memungkinkan pemotongan pisaunya di berbagai sudut, fitur ini disebut sebagai tabel universal.

 Kelebihan milling horizontal adalah karena pisau dipegang pada arbor yang mana memiliki pegangan yang kuat,maka bisa dipasangi pisau yang lebih lebar. Dan tentu saja kita bisa melakukan pemakanan yang lebih dalam dibandingkan pada milling vertikal.
Dengan mesin ini juga bisa dilakukan pemotongan dengan profil/penampampang khusus misalnya radius,alur,dan tentu saja yang sangat penting adalah untuk pembuatan bermacam roda gigi(gear)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...