Cari di Blog Ini

Memuat...

Selasa, 19 April 2016

Jual Mesin Potong Batu Candi/Andesit Pisau 14"

0 comments
Untuk proses produksi batu alam material bangunan seperti andesit dan batu candi, selain menggunakan mesin potong bermata pisau 24inchi, selanjutnya juga memerlukan mesin yang lebih kecil. Disamping lebih cepat,dengan mesin ini juga akan hemat tenaga listrik karena penggeraknya jg lebih kecil. Selanjutnya lebih praktis,karena bisa dipindh tempat sehingga sering di set di lokasi proyek.

Spesifikasi mesin potong batu pisau 14" :
* rangka besi UNP 50
* meja plat 6mm
* rel siku/ siku+as
* roda meja dari besi as
* motor 2HP single/ 3phase
* dimensi+/- 100×75×75


Tampak samping kanan
Meja dorong ukurannya 40x40

Tampak samping kiri
Posisi motor diatas,meminimalkan peluang terkena air



Continue reading ...

Minggu, 24 Januari 2016

Membubut Tirus dengan Taper Attachment

0 comments
Kita sudah mengetahui kalo untuk membubut tirus yang pendek kita cukup menggunakan eretan atas yang diserongkan posisinya. Sudutnya bisa cukup besar. Kalo membubut tirus yang ketirusannya kecil tapi panjang,kita bisa menggunakan tekhnik menggeser sumbu kepala lepas.
Tapi kalo ingin membuat ketirusa yang cukup panjang,tapi juga dengan sudut cukup besar,misalnya 15 derajat bagaimana???
Ya,ada alat bantu untuk itu yang sering disebut taper attachment,alat bantu tirus. berikut contoh gambarnya...

taper bubut dalam
taper dalam

taper bubut luar
taper luar
contoh pemasangan taper
bagian-bagian

contoh pemasangan taper
pemasangan di mesin bubut
       Berikut Cara menggunakan Taper attachment:
 
1. Pasanglah taper attachment pada bagian belakang bed mesin.
2. Atur sudut mistar pada taper attachment sesuai dengan sudut setengahnya dari tirus    benda kerja.
3. Hubungkan eretan dengan taper attachment dengan menggunakan baut penyetel.
4. Jika eretan memanjang digerakkan maka eretan melintang akan bergerak mengikuti sumbu mistar penghantar, sehingga akan menghasilkan sayatan yang sejajar dengan mistar penghantar.
5. Jika mistar penghantar diputar 1,5o maka akan menghasilkan benda kerja yang mempunyai sudut tirus 2 x 1,5o = 3o.
·         

 Keuntungan dan Kelemahan menggunakan perlengkapan tirus:
Keuntungannya tentu saja sangat mempercepat proses pembubutan karen kita bisa menggunakan otomatis untuk membubut tirus ini. Alat ini juga bisa digunakan untuk membuat tirus dalam.
Sedangkan kelemahannya yang sangat terasa adalah waktu penyetingan alat ini sangat lama,sehingga untuk pekerjaan yang tidak memproduksi banyak barang,akan sangat merugikan dari sisi waktu. Besarnya ketirusan juga terbatas 20 derajat,sedangkan panjang yg bisa dibuat tergantung panjang tapernya.

Berikut contoh penggunaannya dalam video.... semoga bermanfaat.




Continue reading ...

Kamis, 21 Januari 2016

Foto Pekerjaan Las dan Bubut Desember 2015

0 comments
Continue reading ...

Membubut Tirus Dengan Menggeser Posisi Kepala Lepas

0 comments
 Kita sudah pernah membahas cara membubut tirus dengan menggeser sudut eretan atas sebelumnya,dan sekarang kita akan membubut tirus dengan menggeser posisi kepala lepas ke arah melintang.
Benda kerja dijepit antara senter kepala lepas (tail stock) dan senter kepala tetap (head stock}. Apabila senter kepala lepas digeser tegak lurus terhadap sumbu utama mesin bubut (spindle), maka akan terjadi sebuah kerucut/konis pada pembubutan sepanjang benda kerja.

Diagraam "A" menunjukkan kita tidak menggunakan chuck untuk mencekam benda kerja,melainkan dua senter,satu di kepala tetap dan satu di kepala lepas.

Diagram "B" menunjukkan bahwa sumbu dari kedua senter tidak berada pada garis lurus. Ini karena posisi senter ddari kepala lepas digeser untuk mendapat sudut ketirusan yang diinginkan.

Diagram "C" menunjukkan besarnya pergeseran kepala lepas. Penggeseran dilakukan dengan menyetel baut yang tersedia di bagian samping kiri dan kanan kepala lepas.





Keuntungan membubut tirus dengan cara menggeser kepala lepas, antara lain : dapat melakukan pembubutan tirus dengan ukuran yang relatif panjang dan pembubutan dapat dilakukan secara otomatis, sehingga permukaan hasil pembubutan dapat diperoleh lebih halus.
Sedangkan kekurangan dari pembubutan tirus dengan menggeser kepala lepas adalah : karena posisi kedua senter (kepala tetap dan kepala lepas) tidak pada garis lurus sehingga penumpuan benda kerja menjadi kurang baik, apalagi untuk sudut-sudut tirus besar mengakibatkan keamanan benda kerja berkurang atau bahaya. Kekurangan lainnya adalah sudut tirus yang terbentuk relatif kecil. Besarnya pergeseran hanya boleh sampai 1/50 (2 – 3%) dari panjang benda kerja keseluruhan.
Continue reading ...

Selasa, 22 Desember 2015

Mesin Pemotong Pandan Ini Bisa Digunakan Di Dapur

0 comments
Suatu hari saya ditelpon seseorang dari Jakarta,yang konon sempat melihat gambar 
 buatan saya di internet. Beliau bertanya apakah mesin ini bisa membantu usaha beliau dalam membuat perasa pandan di bisnis kue. Saya kaget juga,biasanya mesin ini digunakan untuk merajang pandan yang kemudian digunakan untuk hiasan floris,keperluan nyekar saat ziarah makam atau perlengkapan upacara di Bali. 
Saya bertanya balik,apakah pandan yang dipotong emang banyak? Beliau mengatakan bahwa tiap hari menghabiskan cukup banyak potongan pandan yang kemudian diolah lagi,sehingga tidak mungkin mengerjakannya secara manual lagi.

Oke,kalo gitu kami bisa buatkan ukuran yang lebih kecil dari yang biasa kami jual. Ukuran yang lebih kompak buat dioperasikan di dapur. Jadilah saya membuatkan mesin pemotong pandan special edition berikut ini,hehe...
Oh,ya.. Untuk membuat harga tetap terjangkau,kami belum bisa menggunakan plat stainless steel untuk bodinya,tapi untuk as-nya,dan baut-bautnya sudah menggunakan bahan stainless biar lebih tahan terhadap korosi.



desain praktis untuk penggunaan di dapur

bodi kokoh tapi imut

motor terlindung




dilengkapi tutup pengaman

packing kayu

packing rapi


siap dikirim

bukti pengiriman

Terimakasih untuk Bapak Victor yang telah membeli produk kami. Jika anda juga berminat, hubungi kami.

Continue reading ...

Sabtu, 24 Oktober 2015

Fungsi Mesin Bubut dan Benda Yang Dibuat Dengan Mesin Bubut

0 comments
Dari sekian banyak tutorial mesin bubut untuk pemula di blog sederhana ini,ternyata masih saja ada pengunjung yang datang dengan pertanyaan fungsi mesin bubut. Ya,namanya juga orang bertanya dan mencari,terserah kalo mau search apa saja tentang mesin bubut. Meskipun sudah ada artikelnya namun saya pikir tidak ada salahnya saya memberi lagi penjelasan,namun kali ini sekalian dengan gambar barang-barang dari produk mesin bubut sederhana yang kami hasilkan dari bengkel las-bubut kecil kami.


drat tirus
Diatas ini adalah salah satu contoh hasil membuat ulir/drat di mesin bubut. Cara membuat ulir di mesin bubut juga sudah pernah di bahas,tapi barang ini memiliki bentuk tirus. Cara membubut tirusnya dengan eretan atas,ada juga artikelnya. Barang ini digunakan oleh para pengrajin perak,kerang,atau batu akik untuk mencekam kain poles di mesin gerinda.

drat pipa
Gambar diatas adalah apa? Ya,itu potongan pipa gas pendek-pendek yang di drat ujung ujungnya agar bisa diinstal dengan sok dratnya. Meskipun sudah ada mesin khusus untuk snei pipa,tapi saya membubut drat pipa itu di mesin bubut. Kenapa,ya,karna ga punya mesin snei,...hahaha. Nah,untuk yang sering ngedrat pipa di mesin bubut pasti sudah hafal,kisar atau gang atau banyaknya ulir tiap inchi itu berapa aja.. Ya,untuk pipa umumnya menggunakan standar NPT alias National Pipe Thread,yg sering saya kerjakan mulai pipa 1/2" (14TPI),pipa 3/4" (14TPI),1" (11TPI) dst....dst. (TPI alias thread per inch,alias jumlah ulir per inchi,alis gang!)

mesin gerinda potong rakitan
Gambar diatas sebenarnya malu jelasin,lah wong di toko perkakas banyak yang jual mesin chopsaw,ini malah disuruh rakitkan lagi. Alesannya biar dinamo alis motornya agak jauh dari pisau,biar ga kena air karena akan dipake buat mutilasi bongkahan batu akik.
Iya deh,tapi mana kerjaan bubutannya,orang cm meja kecil sama bar jungkat jungkit gitu??? (penulisnya sudah somplak nanya sendiri)
Itu loh,spindlenya... (tuhkan jawab sendiri,hehe)
Itu as spindle saya buat dari as 1",vulleynya dibubut dari as 2" untuk v-belt A. Rumah bearingnya dari pipa tebal 45x60. Menggunakan bearing 6205. Penjepit pisaunya juga dibuat di mesin bubut,dari plat 10mm dgn diameter luarnya 60mm.


mesin potong batu candi
Mesin potong batu candi diatas hampir sama dengan mesin potong tadi. Cuma ukurannya aja yang gede. Pisaunya aja 600mm. Jadi saya buat penjepit pisaunya 110mm OD. Spindel dan rumah bearingnya juga dibuat di mesin bubut,bukan pake bearing duduk. Vuleynya beli di toko,dia 4"xB2
Bedanya mesin ini pake meja yang bisa didorong-dorong. Ada rel as 19mm kiri kanan. Maka kerjaan mesin bubutnya nambah yaitu membubut roda. Bahannya ST42 diameter 3",bearingnya 6205 kiri kanan. Asnya tembus kiri kanan,pake as 1'.
\
mesin gergaji kayu

mesin gergaji kayu/pecah kayu
Dua foto diatas adalah mesin sederhana banget. Cuma untuk mesin bubut kecil yang saya punya yaitu mesin bubut C06230A yang panjangnya cuma 914 swing over carriage 7",12"over bed tp buka perutnya cukup lebar,17".
Tetap saja kerepotan membubut as 2" sepanjang 700mm dan harus menggunakan aksesoris mesin bubut,perlengkapan mesin bubut yang lain yaitu steady rest alias kaca mata alias brill duduk.
Meskipun begitu akhirnya selesai juga. Gak kalah beratnya adalah vuleynya besi cor diameter 14" dua jalur B. Penjepit pisau juga agak tebal dan besar mengikuti besarnya pisau mesin pemotong kayu ini yang sebesar 90cm.

Nah,itu tadi beberapa barang yang saya kerjakan yang menunjukkan apa fungsi dan kegunaan mesin bubut.
Bisa dikatakan mesin bubut itu adalah ibu dari semua mesin,karena semua mesin dibuat dari mesin bubut,setidaknya beberapa bagian darinya dibuat dengan mesin bubut. Trims mesin bubut.... :D
Continue reading ...

Senin, 19 Oktober 2015

Jenis-Jenis Ulir/Drat Bagian II (Cara Membaca dan Menggambar Ulir)

0 comments

Sambungan ulir sangat luas di pergunakan dalam mesin-mesin, dan terdapat bermacam-macam jenis ulir. Jika diambil sebuah batang berulir, baut umpamanya, dan kernudian dipotong memanjang, maka akan terlihat penampang ulirnya. Ter gantung dari jenis ulirnya, maka penampang ulir tersebut dapat berbentuk: segi tiga, segi empat, trapesium, bulat dsb.nya. Penampang-penampang ini dapat dililitkan melalui garis ulir di dalam atau di luar suatu silinder. Dengan demikian akan terbentuk sebuah ulir dalam atau ulir luar.


Gambar 1. Bentuk-bentuk Ulir


Untuk menggambar bentuk- bentuk ulir tersebut diperlukan waktu dan pekerjaan yang lama dan membo sankan, bila digambar dalam proyeksi sebenarnya (Gambar 1).
Sebagai gambar kerja, gambar demikian tidak ada artinya. Oleh karena itu, ulir tidak digambar menurut gambar proyeksi yang sebenarnya, tetapi digambar secara sederhana dan diperlengkapi dengan keterangan-keterangan, seperti lambang, yang me nyatakan jenis ulirnya, arah lilitannya, ke kiri atau ke kanan, ulir tunggal atau ganda, jarak antara, dsb.

Pada umumnya ulir digambar secara sederhana, di mana diameter luar ulir digambar dengan garis tebal dan diameter dalamnya dengan garis tipis atau sebaliknya, dapat dilihat pada gambar 2 cara menggambarnya adalah sbb :

1. Diameter luar dari ulir luar d an diameter dalam dari ulir dalam digambar dengan garis tebal.
2. Diameter dalam, disebut juga diameter teras, dari ulir luar, dan diameter luar dari ulir dalam digambar dengan garis tipis.
3. Garis yang menunjukkan batas antara ulir lengkap dan tidak lengkap, ditarik dengan garis tebal.
4. Menurut perjanjian garis yang menunjukkan akar dari ulir tidak lengkap digambar dengan garis tipis, yang mcmbuat sudut 30° dengan sumbu baut.
5. Ujung lubang mata bor digambar dengan sudut puncak 120°.
6. Garis-garis batas ulir, yaitu garis-garis yang menunjukkan batas dalam dan luar dari ulir, digambar dengan garis gores, bila ulirnya tersembunyi.
7. Bagian ulir yang dipotong, diarsir sampai pada batas luarnya .
8. Pada gambar proyeksi rnelintang, akar ulir digambar sebagai bagian dari lingkaran, biasanya tiga perempat lebih, dengan garis tipis.
9. Dalam gambar susunan diameter luar ulir digambar dengan garis tebal (ingat benda pejal tidak boleh dipotong memanjang), dan diameter dari ulir dalamnya digambar dengan garis tebal mulai dari batas ulir baut.



Gambar 2. Penyajian Ulir


Penunjukan ulir

Beberapa sifat ulir harus diperinci pada ujung garis penunjuk, yang berpangkal pada diameter luar, sesuai susunan di bawah ini:

Contoh penunjukan ulir :



Gambar 3. Keterangan pada Ulir




Gambar 4. Cara Penunjukkan Ulir

Bila jenis ulir adala ulir tunggal, maka jumlah lilitannya tidak perlu disebut. Ukuran ulir dinyatakan dengan sebuah lambang, yang menentukan jenis ulirnya (dengan huruf, misalnya M untuk ulir metrik, W untuk ulir Withworth dsb.), diameter luar dan jarak antara atau jumlah ulir tiap inci. Contoh -contoh gambar bagian-bagian berulir diperlihatkan pada gambar 3 menunjukkan jenis, ukuran, kelas dan konfigurasi permukaan ulir.

Cara membaca gambar baut dan mur

Hampir semua jenis mes in mempergunakan baut sebagai alat pengikat, dari macam-macam jenis dan ukuran. Sesuai dengan tujuannya penggunaan baut, mur dipergunakan bersama-sama dengan baut atau baut tap. Kepala baut dan mur berbentuk segi enam atau segi empat, dan kepalanya digolongkan dalam kepala normal dan kepala tebal. Semuanya ini diperinci dalam standar, pembacaanya tidak digambar, tetapi dinya takan dengan keterangan.
Pada umumnya baut dan mur tidak digambar untuk tujuan pembuatan, tetapi dalam gambar susunan kadang-kadang digambar bersama-sama menurut perbandingan dengan diameter luar, seperti pada gambar 5.





Cara-cara Membaca Gambar Sekerup Mesin

Sekerup mesin dipergunakan untuk mengikat bagian-bagian dengan beban rendah, dan ukurannya lebih kecil dari pada diameter sekerupnya. Pembacaan penunjukan dan spesifikasi sekerup mesin ditentukan dalam standar. Pada umumnya sekerup mesin ini tidak digambar, kecuali pada gambar susunan. Cara- cara membaca gambar sekerup dapat dengan mudah seperti pada Gambar 7 menurut ukuran-ukuran dalam stundar.



Gambar 7. Macam-Macam Bentuk Sekerup


Continue reading ...

Yang Lagi Serius




 

Copyright © 2009-2015 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger