Cari di Blog Ini

Memuat...

Kamis, 28 Juli 2016

Mengganti Chuck Bubut Dengan Yang Baru

0 comments

chuck kaki tiga 200mm baru
Ya,...seperti pernah saya sebutkan di post sebelumnya ,akhirnya saya mengganti chuck mesin bubut saya dengan yang baru. Sekalian saya beli yang ukurannya lebih besar yaitu 8" padahal aslinya 6". Ini karena saya pikir motor mesin bubut saya yang 2HP tidak akan kekurangan tenaga untuk memutarnya. Selain itu kami juga sering mengerjakan benda yang diameternya agak besar kalau untuk digarap di chuck 6".
Nah,kali ini saya ingin menceritakan proses pembuatan plat pemegangnya ke spindel mesin bubut. Seperti kita tahu,kalau membeli chuck mesin bubut yang baru itu kita tidak mendapat plat yang berisi pen pengikat ke spindel mesin bubut. Kita harus membuatnya sendiri.
Sayang pekerjaan ini dikerjakan oleh staff saya sehingga pengumpulan gambarnya kurang lengkap. Oke, kita mulai....


chuck lama yg rusak
gress
 .
Pertama kita siapkan plat tebal 20mm dengan diameter 210,atau minimal nanti bisa bersih 200mm
bahan plat pemegang chuck,plat itu lebih besar koq

center;">
penandaan posisi pen


Abis ini plat di bortap sesuai ukuran drat pen,dalam kasus saya M10x1,0 Selanjutnya pen dipasang,dan plat ini sudah bisa diikatkan ke mesin bubut,dan proses pembentukan dimulai. Yang terpenting dari proses ini adalah membubut lubang Morse Taper,tempat dudukannya dari plat chuk ke mesin bubut, yang membuat posisi chuck selalu senter. Mesin saya memakai MT5 pada chucknya
pen pengikat ke mesin
ngetap baut pengunci pen
pembubutan dudukan chuck
dudukan chuck sudah jadi, selanjutnya di bor lobang baut yang akan mengikat chuck baru kesini
Setelah ini chuck baru di bautkan ke plat yang sudah siap dengan ukuran yang pas dan lubang baut yang ditentukan.
Chuck baru terpasang
Nah,itulah proses pembuatan plat pembawa chuck kaki tiga mesin bubut,ma'af ada gambar yang kelewatan.
Continue reading ...

Rabu, 27 Juli 2016

Inilah Daftar Ukuran,Jenis dan Type Ball Bearing (Klaher)

0 comments
Pernah bingung mencari ukuran bearing? Palagi kalo ada kerjaan mengganti bearing suatu komponen mesin dimana yng tertinggal cuma keepnya aja,hehehe.... Kalo kita udah tau diameter luar dan dalamnya kadang masih susah juga,karena orang toko kebanyakan tidak ngerti,karena stok mereka hanya mencatat type bearingnya aja. Oleh karena itu sahabat BMB yg saya cintai,kaliini saya upload gambar atau tabel Ukuran Dan Jenis Ball Bearing atau klaher atau kadang jadi laher atau laker aja...

Nah ,kalo udah tau ukuran diameter dalam (d),diameter luar (D),apalagi tebalnya (B), langsung aja cari Type atau nama dari bearing tersebut,baru kita mintakan ke pelayan tokonya,biar si mbanya jg ga bingung.hehe....

Type R

Type 600
Type 6000
Type 6200
Type 6300
Type 6800
Type 6900
Type 63200
Type 1200/1300
Type 2200/2300
Type 3200/3300
Type 5200/5300
Type 7200
Type 7300
Type 74 dan type BL
Continue reading ...

Kamis, 30 Juni 2016

Cara Download Rekaman Smule

0 comments
 Halo sahabat BMB, apa kabar kalian semua? Semoga baik ya... Jaga kesehatan kalian terlebih di bulan puasa ini.
Sejak 2009 blog ini masih aja Belajar Mesin Bubut,..ga pinter-pinter ya?hehehe..
Nah,untuk mengisi waktu,sekali-kali boleh dong kita belajar yang lain,misalnya belajar nyanyi,...loh koq? Iya,nyanyi atau karaoke,biar ga tiap hari dengar desingan mesin bubut dan suara sayatan pahat bubut mulu,hehehe.
Apalagi sekarang ada aplikasi android yang memungkinkan kitamenjadi penyanyi dadakan. Yup aplikasi yang dimaksud adalah Smule.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.smule.singandroid
klik untuk download
Dengan Smule kamu bisa nyanyi banyak lagu. Bisa nyanyi solo ,duet atau lolaborasi beberapa orang.
Rekaman kamu bisa diberi efek yang memukau dan rekaman kamuakan secara otomatis tersimpan di akun kamu.
Sayangnya kamu ga bisa download lagu kamu secara langsung dari Smule.

Tapi tenang,kali ini Belajar Mesin Bubut akanmemberi tekhnik membubut,ups... tekhnik mendownload lagu rekaman kamu dari Smule.... Simak ya....

I. Cara Lambat,menggunakan beberapa alat

Alat yang dibutuhkan untuk menyimpan rekaman smule kamu adalah :
1. VT View source
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tozalakyan.viewsource


2. UC browser
    Yang ini pasti udah pada punya kan....?


Caranya adalah sbb:
1. Buka akun smule kamu atau cari rekaman teman kamu yg mau di download.


2. Pada pilihan berbagi,klik "salin tautan"


3. Buka app VT Source Code di hp kamu

    Paste link yg kamu copy tadi. Akan keluar penampakan html spt ini.

 Cari dah lagunya disitu.... kalo beruntung akan nemu,hahaha.... bcanda bray..
Untuk memudahkan dari menu di kanan atas (yg titik tiga itu) klik menu search. Dan ketik ini di kolom search :  content ="audio/mp4"
Nah, diatas conten itu ada link,klik dah ..hp kamu akan memberikan pilihan buka,kamu pake uc browser.

Dan jreng.... uc browser akan mengatakan kalo kamu mau mendownload. Km bisa unduh langsung atau unduh ke cloud. Jangan lupa ganti namanya dl biar gampang nyarinya di "file saya".
Sampai disini kamu sudah berhasil mendownload rekaman smule kamu yg masih berformat .m4a dan sudah bisa diputar di hp. Namun untuk bisa diputar di media lain baiknya kamu mengubah ke format mp3.

4. Buka media converter
  App ini akan langsung menampilkan folder kamu. Pilih dimana td km simpan filenya. 

Kalo km ga ubah (Default) nya ada di "uc download" ..klik dah dan pilih lagunya dn klik lg. Akan ada 4 pilihan,pilih convert to mp3 dan lagu kamu akan dirubah ke mp3.

Catatan: untuk memudahkan mencari, kamu bisa setting dimana kamu akan menaruh hasil mp3 km dengan klik menu setting di kanan atas dan pilih "
storage"

udah slesai....

II. Cara Cepat,menggunakan Layanan di internet

Caranya ,kunjungi http://thebluebyte.com/getsmule/
 Paste kan link rekaman smule kamu,dan ikuti petunjuknya.... Guampangggggg....




Nah,gampang kan? Kini kamu bisa pamerin hasil rekaman nyanyi di smule kamu ke teman. Sering-sering lah berkolaborasi dengan yang suaranya bagus biar pamernya lebih membanggakan, hahaha....
Keep on Singing!
Continue reading ...

Sabtu, 11 Juni 2016

Catok Bubutku Yang Malang (Mengenal Spesifikasi Mesin Bubut)

0 comments
Sudah lebih 13 tahun mesin bubut kecil ini menemani saya mencari nafkah, menyelesaikan masalah perbaikan barang atau berkreasi membuat sesuatu. Memang ukurannya kecil,karena hanya sebuah bench lathe type CQ6230C/914

Berikut Spesifikasinya,sekalian belajar memahami sebuah spesifikasi mesin bubut bagi adik-adik yang belum paham...

Item specifics

North America, South America, Eastern Europe, Southeast Asia, Africa, Oceania, Mid East, Eastern Asia, Western Europe
CQ6230C/914

Specifications

Max. Swing over bed 300mm /12"
ini adalah jangkauan maksimum,diameter terbesar yang bisa masuk  diatas bed

Max. Swing over cross slide 178mm /7"
ini adalah jangkauan maksimum,diameter terbesar yang bisa masuk diatas eretan melintang
 
Max. Swing over gap 430mm /17"
ini adalah jangkauan maksimum,diameter terbesar yang bisa masuk diantara celah bed,bagian bed yang bisa dibuka,atau istilahnya buka perut.
Memang mesin ini walaupun kecil,bisa saya gunakan mengerjakan velg motor 17"

Max. Length of workpiece 914mm /36"
ini adalah panjang maksimum benda kerja bisa muat di mesin bubut

Max. Length of turning 760mm /30"
ini adalah panjang pembubutan yang bisa dilakukan.
meskipun panjang benda kerja bisa 36" tapi kan masih dipotong lebarnya sadel atau eretan,tempatnya pahat, sehingga yang bisa dibubut cuma 30". Disitu kadang saya merasa sedih kalo dapat job bubut

Hole through Spindle 38mm "
Taper of spindle bore M. T. NO. 5  as yang agak panjang..... :D

Range of spindle speeds(9 steps) 60-1500r. P. M.
ini adalah range atau tingkat kecepatan sumbu utama,melalui perpindahan gigi bisa didapat 9 tingkat kecepatan

Taper of quill sleeve M. T. NO. 3
 ini adalah ketirusan lubang kepala lepas, Tipe morse taper (MT) no 3..,mata bor 25 tirus langsung masuk

Metric threads can be cut(26 kinds) 0.4-7mm
Jumlah drat metrik yang bisa dibuat

Inch threads can be cut(34 kinds) 4-56T. P. I.
Jumlah drat inchi yang bisa dibuat

Pitches of three feed leadscrews 3mm 8T. P. I
Kisar drat as leadscrew
.
Longitudinal feed per revolution of spindle(32 kinds) 0.052-1.392 0.002-0.0548
kecepatan pemakanan memanjang otomatis per putaran spindel

Cross feed per revolution of spindle(32 kinds) 0.014-0.38 0.0007-0.0187
kecepatan pemakanan melintang otomatis per putaran spindel

Max. Longitudinal travel of saddle 800mm
jangkauan pergerakan sadel memanjang

Max. Travel of cross slide 175mm
jangkauan pergerakan eretan melintang

Max. Travel of top slide 95mm
jangkauan maksimal pergerakan eretan atas

Max. Travel of tailstock sleeve 100mm /4"
jangkauan maksimal senter di kepala lepas

Motor horse power 1.5HP(1.1KW)
tenaga motor penggerak,tapi entah kenapa di mesin saya yg terpasang 2HP

Motor frequency   60Hz or 50Hz
Frekuensi arus motor

Motor volatge input 380/415V/115/230V or 110/200V
tegangan masuk

Overall dimensions 1600X730X1270
ukuran keseluruhan

Net weight 420kg
berat bersih

Packing size 1680X760X1510mm
ukuran kemasan pengiriman






Entah apes atau mesinnya mogok,ketika membuat drat luar pipa 1" yang cukup banyak (lebih dari 100bh), tiba-tiba three jaws chuck alias catok bubut kaki tiga dari mesin saya macet...cet,.. dikendori ga mau,dikencengi apalagi. Diturunkan dari mesin bubut dan dibongkar seperti biasa juga ga bisa.
Karena pekerjaan masih menunggu terpaksa saya pasang catok bubut kaki empat untuk melanjutkannya.

Akhirnya chuck rahang tigaku yang malang harus dicarikan penerusnya. Yang baru,yang lebih presisi dan sekalian saya ganti ukurannya menjadi 8" dari aslinya yang 6"'
Ini dilakukan karena seringnya mendapat pekerjaan mencekam benda-benda berukuran lebih besar dari kapasitas chuck yang 6" tadi.

Apakah chuck yang baru dari toko langsung bisa dipakai? saya akan posting selanjutnya....




















 
Continue reading ...

Proyek Tangga dan Pagar BRC di Old Canggu Inn

0 comments
Foto-foto di post ini adalah pekerjaan kami di sebuah proyek penginapan di Canggu. Ada 6 unit rumah berlantai 2 yang kami buatkan tangga besi. Berbahan UNP120 tiangnya dan anak tangga menggunakan papan jati 4cm,jd kami cuma buatkan penyangga anak tangga dari siku 5x5 A1 di kiri kanan.
Selain itu kita juga membuat pagar keliling penginapan ini sepanjang 104 meter.
Menggunakan BRC diameter kawat 6mm dan tinggi, electric galvanized,karen di ct juga. Tiangnya pipa 1,5inchi BSA. Ya,kurus pagarnya, owner maunya seperti itu,karena msih ada lapisan tanaman sebelum pagar nantinya.
Kerjaan lainnya,pintu dan tangga pump room,dan holder pipa rel korden.
Continue reading ...

Selasa, 19 April 2016

Jual Mesin Potong Batu Candi/Andesit Pisau 14"

0 comments
Untuk proses produksi batu alam material bangunan seperti andesit dan batu candi, selain menggunakan mesin potong bermata pisau 24inchi, selanjutnya juga memerlukan mesin yang lebih kecil. Disamping lebih cepat,dengan mesin ini juga akan hemat tenaga listrik karena penggeraknya jg lebih kecil. Selanjutnya lebih praktis,karena bisa dipindh tempat sehingga sering di set di lokasi proyek.

Spesifikasi mesin potong batu pisau 14" :
* rangka besi UNP 50
* meja plat 6mm
* rel siku/ siku+as
* roda meja dari besi as
* motor 2HP single/ 3phase
* dimensi+/- 100×75×75


Tampak samping kanan
Meja dorong ukurannya 40x40

Tampak samping kiri
Posisi motor diatas,meminimalkan peluang terkena air



Continue reading ...

Yang Lagi Serius




 

Copyright © 2009-2015 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger