Tentang Kami | Produk | Kontak | Video | Galeri | Download | Disclaimer | Sitemap

Google+
Tutorial Mesin Bubut di blog ini ditujukan buat pemula dan penghobi.....  Mohon masukan dari para master.......



Jika anda menemukan laman ini dari google search,silahkan klik tombol google plus dibawah ini agar laman ini lebih gampang terindeks


Kamis, 10 November 2011

Membuat Mesin Bubut Kayu Sederhana (Bagian 2)


Ketika mencantumkan minat terhadap mesin bubut di stumbleupon, saya mendapat link ke sebuah artikel yang sangat menarik. Sebuah artikel yang aslinya milik sebuah forum pembuat instrumen musik yang berisi tentang pembuatan mesin bubut kayu. Memang secara prinsip tidak berbeda dengan yang saya post disini, tapi secara estetika penggunaan bahan ini sangat bagus,sehingga saya ingi membaginya disini.


mesin bubut kayu
Gambar diatas menunjukkan konstruksi mesin bubut kayu yang cukup sederhana. Praktis dengan tiang balok seukuran 2 kali 6 inchi. Tidak berbentuk meja,namun alasnya dibuat kebelakang untuk membagi beban dari atas. Tentu ada kelemahannya,karena tidak terbagi merata maka getarannya masih akan terasa besar,terbukti denga ditambahkannya beban pemberat dibawah bednya.

frame
Gambar diatas menunjukkan detil bahan kerangka mesin bubut kayunya. Lengkap dengan dimensi dan model sambungan yang dipergunakan. Pillow blocknya ditancapkan pada permukaan atas dari tiangnya dengan baut 3/8",ini perlu lebih diperhatikan kekuatannya mengingat tugasnya cukup berat yaitu menahan beban tenaga dari motor dan chuck.



kepala lepas


Kontruksi gambar kepala lepas/tailstock diatas menurut saya sangat sempurna,kedua bantalan mur yang akan memegang ram tailstock dipegang kuat satu sama lain. Ini sangat kokoh.
Mur paling luar,tempat ditempelkannya handel,di bor tembus dengan as ulirnya. Mur yang di bagian dalamnya adalah kontra mur,pengunci saat tekanan senternya sudah cukup.




landasan pahat
Gambar diatas adalah penyangga pahat bubut. lubang/alur ditengah plat tersebut berfungsi untuk pentesuaian jarak pahat terhadap diameter benda kerja. Karena inni berbahan kayu,yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menanam baut ke kayu dengan kuat,dan gunakannlareng yang cukup lebar pada baut pengunci pad. Dan satu hal lagi,tinggi landasan pahat harus sejajar dengan as/pusat benda keerja.


mesin bubut kayu2
Itulah sedikit review saya tentang mesin bubut kayu buatan  Musical Instrument Makers Forum.
Semoga memuaskan teman-teman yang masih,sering terdampar disini dengan kata kunci mesin bubut kayu,membuat pahat bubut kayu,atau membuat mesin bubut kayu.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...