Cari di Blog Ini

Memuat...

Minggu, 03 Juli 2011

Membuat Mesin Bubut Kayu Sederhana

Menimbang banyaknya rekan-rekan dari dunia kerajinan yang menanyakan saya tentang cara membuat mesin bubut kayu sederhana,maka kali ini saya akan menyajikan cara membuatnya. Namun postingan ini sedikit tidak berhubungan dengan postingan sebelumnya yang berisi tentang tutorial mesin bubut logam konvensional. Postingan ini bukan buat anda yang sudah mengerti mesin bubut konvensional,atau juga bukan untuk yang sedang belajar mesin bubut logam umumnya,namun seperti kata saya di awal adalah untuk teman teman pengerajin kayu.

Jika anda berniat membuat sebuah mesin bubut kayu sederhana namun langsung bisa dipakai berproduksi,ada beberapa alt dan bahan yang kita perlukan:
  1. satu buah papan kayu ataupun meja
  2. satu potong as besi ± panjang35cm diameter 1"
  3. satu potong as berulir ± panjang 25 cm ukuran drat W1" (kita bisa membeli di toko baut atau memesan di bengkel bubut)
  4. satu buah vully untuk poros
  5. satu buah pencekam/catok kayu (buat di bubutan)
  6. satu buah senter putar,yang akan menyangga benda kerja(buat di bubutan)
  7. dua buah pillow blok diameter lobang sesuai as
  8. dua buah mur yang di las di atas sebuah plat ± 12x20cm tebal 8mm atau lebih
  9. satu buah mur untuk kontra
  10. satu potong pipa besi untuk penyangga pahat ,panjangnya sesuai dgn panjang mesin yang di kehendaki
  11. dua buah pegangan pipa penyangga
  12. satu buah motor listrik ¼HP atau sesuai keperluan
  13. tali kipas(v belt)
  14. baut-baut pengikat

Nah selanjutnya kita susun komponen tersebut diatas papan kayu atau meja yang sudah disiapkan. Kurang lebih seperti gambar berikut.

spindel
as spindel dan motor

kepala lepas
kepala lepas

Catatan:
Model catok atau pencekam sangatlah bervariasi. Untuk tugas standar,bisa menggunakan seperti di gambar. Sebuah catok planes diameter kira-kira 40mm,satu mata runcing dgn sudut 60ยบ di pusat,dan tiga lainnya di pinggir dengan sudut yang lebih lancip.

Untuk kepala lepas,usahakan agar posisi plat dudukan mur dan as berulir tersebut bisa di pindah mengikuti panjang benda kerja yang di bubut. Gunakan drat kotak untuk tugas yang lebih berat. Pakailah bearing kualitas bagus untuk senter putarnya dan lumasilah.

1 comments:

Labels

aksesoris alat tangan bahan kerja bahaya mesin bubut baja karbon bearing belajar bubut bengkel bubut besi cor cara download rekaman smule cara membubut cara mengecor logam carbide tungsten chuck rahang empat chuck rahang tiga cutting feed drat drat sumur bor foto job fungsi mesin bubut galungan gambar ulir hari raya inchi jangka sorong jenis ulir jig job job bubut jual mesin bubut jual mesin kertas rumput jual mesin potong batu jual mesin potong pandan jual sok drat kartel kecepatan potong keselamatan knurling kuningan las-bubut maintenance mata bor membuat lubang membuat mesin bubut kayu membuat ulir membubut alur membubut eksentrik membubut lubang membubut rumah bearing membubut tirus membubut ulir' ulir segi tiga menbubut luar menghitung berat logam mesin batu candi mesin bor mesin bor frais mesin bubut mesin bubut bekas mesin bubut china mesin bubut kayu sederhana mesin frais mesin kertas rumput mesin perkakas mesin potong batu Mesin potong batu candi mesin potong pandan mesin rajang pandan micrometer milimeter milling mobil esemka pahat bubut pahat bubut karbide pahat bubut lubang pahat potong paper shreder pemotongan mesin bubut pendingin pengecoran pengetahuan bahan pengukuran perawatan perlengkapan mesin bubut pipa produk produksi proyek rpm mesin bubut SMK snei dan tap springback tahun baru imlek tangga besi tehnik bubut tips tips and trick tumpek landep. tutorial tutorial mesin bubut tv online streaming ulir segi empat ulir segi tiga waktu membubut wanita dan mesin bubut women on lathe zubal

Yang Lagi Serius




 

Copyright © 2009-2016 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger