++ Membuat Sebuah Bengkel Bubut Sederhana - Belajar Mesin Bubut

Cari di Blog Ini

Monday, February 20, 2012

Membuat Sebuah Bengkel Bubut Sederhana

Dalam rangka mengurangi angka pengangguran dan menumbuhkan usaha kecil(wuih....)saya mengajak adik-adik yang sedang belajar di SMK Mesin Produksi atau Tekhnologi Pengerjaan Logam ataupun teman-teman yang sedang bekerja di bidang ini untuk mulai memikirkan usaha Bengkel Bubut dan Las....

Prolognya serem banget,kaya menteri UKM aja.... Ini hanya untuk membangkitkan "jiwa-jiwa" yang tidak ingin terbelengu dalam rentetan job list dan gambar-gambar yang berkuasa memerintah....




Gambar di atas pernah saya tunjukkan kepada seorang teman penghobi motor tua yang mana adalah juga pelanggan di bengkel bubut saya. Tentu foto itu bukan foto bengkel saya. Saya menemukannya di forum yang juga saya ikuti di flickr. Itu adalah sebuah machine shop (istilah bengkel di amrik) seorang penghobi juga. Hmm... rapi sangat bukan? Saya sendiri masih ingin memiliki yang seperti ini.
Trus apa yang ingin saya share di postingan kali ini? Mau mengajari cara bisnis bengkel bubut? Bukan,karena memang saya belum kompeten untuk itu walaupun saya makan dari mesin bubut dan las. Tujuan saya ya itu tadi,memberi gambaran pada para rekan penghobi syukur-syukur ada ada rekan yang tadinya pekerja beginian yang berniat mandiri, tentang perlengkapan minimal yang harus kita siapkan untuk sebuah bengkel bubut sederhana(kecil). Kenapa minimal,ya karena menyangkut dana...kalo sudah maksimal ga usah diomongin lagi....

Adapun yang harus kita siapkan untuk mewujudkan sebuah bengkel bubut kecil adalah:
1.Mental
   Bagi yang selama ini sudah sering memakai jasa bengkel ini pasti sudah bisa meraba keuntungan atau kerugiannya bila punya sendiri atau memakai jasa mereka.
Bagi yang selama ini masih bekerja di perusahaan atau tempat orang pertanyaannya adalah sanggupkah aku? Misalnya dari segi materi peralatan sudah siap biasanya masih saja ada yang menghantui khususnya di bulan-bulan awal... Sama saja dengan memulai usaha apapun, kuncinya adalah yakin.
2. Tempat
Sekali lagi,kita disini bukan membicarakan bengkel bubut yang betul-betul lengkap,tapi yang kecil dan bisa berjalan baik buat penghobi ataupun sebagai usaha.
Di sebuah gang di Jalan Cokroaminoto,Denpasar saya pernah melihat ada lebih dari dua bengkel bubut rumahan di satu gang itu.
Jadi disini kita bisa pakai gudang yang tidak terpakai,toko bahkan emper rumah...
3. Modal
Yang ini saya serahkan kembali ke rekan-rekan sendiri....

Selanjutnya langsung saja,apa saja nanti alat atau mesin yang ada disitu? Kita wajib memiliki beberapa mesin dan peralatan tangan lainnya,yaitu:
  • Angel grinder, gerinda tangan.
  • Bench grinder,Geerinda bangku
  • Alat potong,gergaji tangan,gergaji mesin,chop saw,dll
  • bor tangan
  • bor bangku
  • hand tap dan snei,untuk awalnya siapin aja yang umum,misalnya M6x1,M8x1.25,dll
  • Catok
  • Inverter las,ini opsi yang paling murah dari mesin las
  • mesin bubut tentunya,kan ceritanya bengkel bubut,hehe....
  • alat ukur
Itulah sekilas langkah awal dari membangun sebuah bengkel bubut kecil-kecilan. Jika kita menggunakan sebuah mesin bubut kurang dari satu meter kita bisa menjalankan mesin-mesin tersebut dengan pasokan listrik 3500VA. Untuk biaya yang diperlukan,teman-teman bisa googling dengan rincian diatas. Siapa tau bisa dapat barang second dengan harga yang bagus....

8 comments:

Idol Aku1 said...

bos maksud dri spek mesin bubut ini apa ya? harga kisaran 11jt an
http://i46.tinypic.com/23h3r5e.jpg

Ari Antika said...

Swing over bed adalah jarak dari pusat catok sampe atas bed alias jari2 maksimum bnd krj. Di gambar tsb 15cm berarti diameter maksimum diatas bed = 30CM
Panjang jg jelasinnya :D
Invite aja ya di BBM 2A3A6C0F

Dadng Ahmad Hotimi said...

Bos minimal daya dari pln untuk mesin mesin itu brapa, terus kebanyakan mesin bubut 3 phase mohon pencerahannya

Dadng Ahmad Hotimi said...

Bos minimal daya dari pln untuk mesin mesin itu brapa, terus kebanyakan mesin bubut 3 phase mohon pencerahannya

Ari Antika said...

@ dadang:
kebanyakan mesin bubut memang menggunakan motor 3 Phase,sedangkan untuk daya terkecil 3 pase adalah 6600watt. Kalo kita mampunya cuma 1phase, ya harus "korban" mengganti motornya denagn yg 1 phase.
Tergantung mesinnya, ada yg mulai 1/2HP motornya. Misal mesin bubutnya pnjang 1meter,minimal kita pake motor 1,5 HP kalo 2HP lbh mantab lg buat kerja berat. Jadi untuk menjalankan bengkel bubut kecil minimal kita pake daya 3500 watt dari PLN. Itu cukup untuk bubut dgn motor 2HP dan bisa mengelas dgn kawat 2,6 sampai 3,2(walaupun tidak maksimal)

PRIYATINTO said...

Misi om...mau nanya ...
Dalam pembuatan ulir ....aku liat ...
Chuck pencatok bahan kerja itu bisa maju sendiri n mundur....tapi begitu kena mata pahatnya ko bisa pas dengan yg tadi...
Pertanyaannya,maju mundurnya chuk itu manual apa oto matis, yg disetel apanya....
Trims

Ari Antika said...

@priyanto: ga ada itu chuck yg jalan...... chuck si tetep,yg jl ya tempat pahatnya....

brandal elite said...

��

 

About Me

My Photo

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Lencana Facebook

FB Page Admin

Copyright © 2009-2018 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger