++ Berbagai Bentuk dan Style Hand Tap - Belajar Mesin Bubut

Cari di Blog Ini

Friday, March 2, 2018

Berbagai Bentuk dan Style Hand Tap

Hand tap adalah alat pembuat ulir di lobang,baik membuat baru atau memperbaiki drat rusak.
Semua tahu itu kan... Semua juga tahu kalo tap itu sebenarnya ya baut,tapi bahannya keras agar bisa makan logam lainnya lalu diberi alur,umumnya tiga bagian badannya dialur dengan tujuan untuk pembuangan tatal saat proses pengetapan.Disamping pembuangan tatal juga untuk masuknya cairan pelumasan/pendinginan.
Itulah bentuk tap umum sesuai fungsinya.

Namun karena alasan lain,seperti tingkat kekerasan bahan dan kesulitan bentuk benda kerja,posisi ngetap yang susah,maka pabrikan tap membuat berbagai tap dengan gaya yang beragam. Bentuk tangkai berbeda sesuai kondisi berbeda. Saya kumpulin dari berbagai sumber,berikut contohnya....

Penjelasan gambar

1.Tap konvensional /umum.                            Yang biasa kita pakai sehari hari nya. Hand tap ini bagian tangkainya hampir sama panjang dengan pemotongnya. Satu set punya 3buah (taper,plug dan bottom)seperti sebelumnya kita bahas.

2.Tap Ujung Spiral / Spiral Point Tap.                Bentuknya hampir sama dengan tap konvensional, namun beberapa drat bagian ujung dibuat menyudut. Disamping itu alurnya lebih dangkal,berarti bagian yang bersentuhan leb8h banyak. Cocok untuk material lebih keras dan pemakanan lebih cepat,karena ujung spiralnya membuang tatal lebih cepat.

3.Tap Drat Terputus / Interrupted Threads Tap    
Tap yang beberapa bagian benangnya interupsi,jadi tidak rata,tujuannya membuat ruang pembuangan tatal lebih dan memudahkan pelumasan. Penggunaan pada baja karbon rendah dan logam paduan.

4. Tap Pembentuk Natool / Threads Forming Tap
Ini Special tap buatan natool 
Tap ini hanya untuk memperbaiki drat rusak.Dia nggak punya alur kaya umumnya,kalau pun ada hanya alur untuk pengisian pelumas,bukan seperti alur pembuangan tatal.

5.Tap Spiral /  Spiral Fluted Tap
Tap yang alurnya seperti twist drill, mirip mata bor yang ber ulir. Karena berbentuk spiral maka kelebihannya adalah  pemakanan sisi potong tidak serentak,jadi lebih enteng.
Alur spiral ini sangat membantu proses evakuasi tatal. Tap ini sangat bagus untuk mengetap lobang yang ber "gap" atau cross hole. Derajat kemiringan alur spiral ini bervariasi namun terbagi dua menjadi  low spiral (18-30°) dan high spiral (45-52°). Variasi sudut heliq ini bergantung peruntukan material yang disarankan.
* High spiral,45° atau lebih,digunakan pada material yang ulet, seperti aluminium, tembaga dan lainnya. Kemiringan segitu akan membuat jarak spiral pendek,artinya ruang buangan tatal sempit. Kalo digunakan untuk bahan lain akan cepat penuh tatal.

* Spiral 38-42° ,digunakan pada besi karbon medium hingga tinggi dan free machining stainless steel atau stainless steel yang bisa di machining,diolah di mesin.

*Spiral 25 ° - 35 ° - direkomendasikan untuk baja karbon rendah baja bertimah, bronze atau kuningan. Tap spiral yang digunakan pada kuningan dan bronze yang keras biasanya tidak berkinerja baik karena gram kuningan dan bronze patahnya kecil2,tidak akan terangkat ke alur spiral dengan baik.

*Spiral 5 ° - 20 ° - Untuk bahan yang lebih keras seperti beberapa paduan stainless, titanium atau untuk  yang lebih tinggi, spiral yang lebih kecil  dianjurkan. Karena smakin kecil sudut helix nya bahan,gram bahan keras ini cepat jatuh,tapi makan tapnya tetap lebih ringan karena dia masih spiral.

6. Tap Kombinasi / Combined Tap and Drill
Tau baut drilling kan,yang buat baut atap seng atau polikarbonat? 
Tap ini mirip baut itu,tapi ujungnya sudah seperti layaknya mata bor. Namanya juga kombinasi bor dan tap.
Oleh pembuatnya tap ini diklaim sebagai cost cutter, meskipun begitu tentu tidk semua ketebalan bahan bisa dikerjakan dengan tap ini.

7.Tap Mur Dalam / Nut Tap
Yang sering mengejakan blok mesin pasti menegtahui kegunaan tap ini dengan baik. Kadang ada lobang baut yang dalam,meskipun dratnya cuma di dasar, tapi diatasnya ada lubang polos. Nah tap inu didesain buat penggunaan seperti itu.

8. Tap Vulley / Pulley Tap
Pernah menyambung tap hanya untuk membuat drat baut pengunci pada vuli? Terutama vuli diatas 10 inchi dengan as 1,5 atau 2 inchi pasti akan sulit membuat baut pengunci dengan tap biasa.
Tap ini bagus banget karena shank nya yang panjang.

9. Tap Ganda / Acme Tandem Tap
Drat Acme Thread atau drat trapezium kita tahu adalah drat yang cocok untuk ulir penggerak. Karena bentuknya yang trapesium bisa menghantarkan bebean berat. Sekarang ada tap yang mengkombinasikan tap roughing dan finishing. 

10. Tap Ulir Trapesium ACME
Adalah bentuk normal dari tap nomor 9. Kalo yang tadi kan sebenarnya 2 tap,yang depannya untuk kasaran dan belakang untuk finishing. Nah ini yg normalnya

11. Tap Pipa
Yup,tap untuk membuat mur pipa,nevel,dll yang berpasangan dengan drat pipa. Kita tahu drat pipa memeiliki ketirusan tertentu untuk fitting yang baik,menghindari bocor dan putusnya pipa. Makanya tapnya pun tampak sangat tirus.

Oke itulah beberapa model dan style tap yang kini diproduksi dan beredar di pasaran. Semoga menambah wawasan kita.  Salam BMB! 



0 comments:

 

About Me

My Photo

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Lencana Facebook

FB Page Admin

Copyright © 2009-2018 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger