++ Tips Mempercepat Proses Pembubutan - Belajar Mesin Bubut

Cari di Blog Ini

Wednesday, December 21, 2016

Tips Mempercepat Proses Pembubutan

Bekerja dengan cepat dan efisien pasti sangat menyenangkan,bagi si mekanik apalagi si bossnya. Dan pelanggan juga pasti senang kalo barangnya selesai lebih cepat.

Da─║am pekerjaan di mesin bubut konvensional,ada beberapa hal sepele yang sering diabaikan tetapi sebenarnya sangat bisa menghemat waktu dalam proses pembubutan.
Berikut diantaranya:
Untuk pembubutan kasar (roughing) sebuah poros,apalagi bertingkat, biasakan menandai ukuran kasarnya. Kearah x dengan sedikit sayatan pahat, ke arah y dengan membuat diameter yang mendekati ukuran akhir,sepanjang 1atau 2mm saja. Ini akan menghindarkan kamu dari bolak balik mengukur dengan skatemat (caliver)

Persiapkan block/ganjal/plat pararel pahat.
Ini sering memakan waktu. Makanya kita harus siapkan blok atau ganjal yang sesuai dengan pahat pahat yang ada sehingga pada waktu menggunakan tidak lama menyetelnya lagi.

Membuat semua pahat dan mata bor selalu siap pakai juga bisa menghemat waktu. Gunakan waktu luang untuk mengasah semua itu,hingga saatnya tiba siap dipakai.

Untuk proses pembubutan ulir atau drat,buatlah koleksi mur yang cukup dari setiap ukuran. Sediakan di mesin bubut satu untuk setiap ukuran. Ini sangat membantu lho.... Misal ada orang(awam) yang membawa shaft dan diujungnya minta dibuatkan drat 19 (maksudnya dia mungkin M 12x1,75) kita bisa nunjukin contoh mur dari kita dan mengerjakan yang d8a mau. Sangat membantu....

Itu dia sedikit tips Mempercepat proses pembubutan berdasarkan pengalaman saya. Mungkin ada beberapa hal sepele lain yg juga bisa menghemat waktu,silahkan tambahkan di komentar.... makasih..

0 comments:

 

About Me

My Photo

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Lencana Facebook

FB Page Admin

Copyright © 2009-2018 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger