Cari di Blog Ini

Kamis, 22 September 2016

Cara Menyetel Pahat Bubut dengan Penggaris

Sebenarnya kita sudah tahu semua cara menyetel pahat bubut yang benar dan umum dilakukan. Cara ini juga diajarkan di sekolah menengah kejuruan khususnya di tekhnik mesin. Cara menyetel pahat bubut yang saya maksud adalah dengan pertama tama kita menjepit pahat di rumah pahat atau tool post, lalu kita bandingkan tingginya dengan live center atau ujung senter putar di kepala lepas.
Jika tingginya sudah sama persis,maka posisi pahat bubut kita sudah pas. Tentunya masih perlu dicoba dengan melakukan proses pembubutan muka(facing).
Jika hasil bubutannya rata sampai pusat benda kerja,maka sudah oke. Namun kalau masih ada sedikit yang menonjol di tengah benda kerja,maka posisi pahat bubut belum pas,bisa lebih tinggi atau lebih rendah.
Ini bisa terjadi karena,mungkin ujung senter yang kita pakai tadi sudah tumpul, atau posisinya belum pas di kepala lepas. Jadi ini suatu kelemahan cara penyetelan yang ini.

Nah,dari obrolan dengan teman di facebook,saya menemukan tips yang cukup bagus dalam hal cara menyetel ketinggian pahat bubut.
Tips ini tidak menggunakan senter putar dan kepala lepas,tapi dengan menggunakan PENGGARIS.

Cara menyetel ketinggian pahat bubut dengan penggaris baja:

1.Siapkan mesin bubut
Mesin bubut dalam keadaan mati dan asekring juga dimatikan,untuk jaga-jaga biar ga hidup kalo handle switch kesenggol waktu proses. Jauhkan alat yang tidak diperlukan dari atas mesin

2.Siapkan sebuah benda kerja sebagai alat bantu. Chuck di mesin dan pastikan senter.Kalau belum,boleh lah mesinnya dihidupin bentar buat ngebubut luarnya biar rata.

3. Siapkan sebuah penggaris atau mistar baja.
Kalo belum ada,beli dulu gih,yang 30cm paling cuma 5-7ribu rupiah.

4. Pasang pahat bubut di rumahnya. Pahat ini yang akan kita setel ketinggiannya,sebelum kita pakai kerja di mesin bubut.
Kencangkan pahat,lalu dekatkan ke benda kerja.Jangan ditempel dulu. Ambil penggaris tadi lalu dorong dengan pahat hingga nempel ke benda kerja. Awas,jangan keras nekannya kalau ga mau pahat kamu patah ujungnya. Yang penting pahat bisa megang penggaris dan ga sampai jatuh.
Perhatikan penggaris. Apakah dia berdiri tegak lurus???
Kalau iya,berarti posisi pahat bubut sudah sepusat alias setinggi sumbu mesin bubut. Kalau ujung atasnya miring ke depan,berarti posisi pahat masih lebih tinggi dari sumbu mesin,begitu juga sebaliknya. Sesuaikanlah plat ganjal pahat kamu sampai penggarisnya tegak lurus.

dekatkan pahat ke penggaris dan tekan sedikit


tegak lurus,tinggi pahat sudah pas

posisi pahat masih agak tinggi

posisi pahat masih agak rendah

5. Lakukan pengecekan dengan membubut permukaan benda kerja tadi. Sama kaya biasanya,kalao belum pas tingginya pasti akan meninggalkan sisa di tengah-tengah benda kerja.

Nah itulah cara penyetelan ketinggian pahat dengan menggunakan penggaris sebagai bantuan. Lebih cepat kan? Komen dong....

credit to (and image)http://www.instructables.com

0 comments:

Labels

aksesoris alat tangan bahan kerja bahaya mesin bubut baja karbon bearing belajar bubut bengkel bubut besi cor cara download rekaman smule cara membubut cara mengecor logam carbide tungsten chuck rahang empat chuck rahang tiga cutting feed drat drat sumur bor foto job fungsi mesin bubut galungan gambar ulir hari raya inchi jangka sorong jenis ulir jig job job bubut jual mesin bubut jual mesin kertas rumput jual mesin potong batu jual mesin potong pandan jual sok drat kartel kecepatan potong keselamatan knurling kuningan las-bubut maintenance mata bor membuat lubang membuat mesin bubut kayu membuat ulir membubut alur membubut eksentrik membubut lubang membubut rumah bearing membubut tirus membubut ulir' ulir segi tiga menbubut luar menghitung berat logam mesin batu candi mesin bor mesin bor frais mesin bubut mesin bubut bekas mesin bubut china mesin bubut kayu sederhana mesin frais mesin jigsaw mesin kertas rumput mesin lain mesin perkakas mesin potong batu Mesin potong batu candi mesin potong pandan mesin rajang pandan metode pencekam benda mesin bubut micrometer milimeter milling mobil esemka pahat bubut pahat bubut karbide pahat bubut lubang pahat potong paper shreder pemotongan mesin bubut pendingin pengecoran pengetahuan bahan pengukuran perawatan perlengkapan mesin bubut pipa produk produksi proyek rpm mesin bubut SMK snei dan tap springback tahun baru imlek tangga besi tehnik bubut tips tips and trick tips dan trik tumpek landep. tutorial tutorial mesin bubut tv online streaming ulir segi empat ulir segi tiga waktu membubut waktu pembubutan wanita dan mesin bubut women on lathe zubal

Yang Lagi Serius




 

Google+ Followers

About Me

Foto Saya

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Copyright © 2009-2016 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger