Cari di Blog Ini

Sabtu, 24 Oktober 2015

Fungsi Mesin Bubut dan Benda Yang Dibuat Dengan Mesin Bubut

Dari sekian banyak tutorial mesin bubut untuk pemula di blog sederhana ini,ternyata masih saja ada pengunjung yang datang dengan pertanyaan fungsi mesin bubut. Ya,namanya juga orang bertanya dan mencari,terserah kalo mau search apa saja tentang mesin bubut. Meskipun sudah ada artikelnya namun saya pikir tidak ada salahnya saya memberi lagi penjelasan,namun kali ini sekalian dengan gambar barang-barang dari produk mesin bubut sederhana yang kami hasilkan dari bengkel las-bubut kecil kami.


drat tirus
Diatas ini adalah salah satu contoh hasil membuat ulir/drat di mesin bubut. Cara membuat ulir di mesin bubut juga sudah pernah di bahas,tapi barang ini memiliki bentuk tirus. Cara membubut tirusnya dengan eretan atas,ada juga artikelnya. Barang ini digunakan oleh para pengrajin perak,kerang,atau batu akik untuk mencekam kain poles di mesin gerinda.

drat pipa
Gambar diatas adalah apa? Ya,itu potongan pipa gas pendek-pendek yang di drat ujung ujungnya agar bisa diinstal dengan sok dratnya. Meskipun sudah ada mesin khusus untuk snei pipa,tapi saya membubut drat pipa itu di mesin bubut. Kenapa,ya,karna ga punya mesin snei,...hahaha. Nah,untuk yang sering ngedrat pipa di mesin bubut pasti sudah hafal,kisar atau gang atau banyaknya ulir tiap inchi itu berapa aja.. Ya,untuk pipa umumnya menggunakan standar NPT alias National Pipe Thread,yg sering saya kerjakan mulai pipa 1/2" (14TPI),pipa 3/4" (14TPI),1" (11TPI) dst....dst. (TPI alias thread per inch,alias jumlah ulir per inchi,alis gang!)

mesin gerinda potong rakitan
Gambar diatas sebenarnya malu jelasin,lah wong di toko perkakas banyak yang jual mesin chopsaw,ini malah disuruh rakitkan lagi. Alesannya biar dinamo alis motornya agak jauh dari pisau,biar ga kena air karena akan dipake buat mutilasi bongkahan batu akik.
Iya deh,tapi mana kerjaan bubutannya,orang cm meja kecil sama bar jungkat jungkit gitu??? (penulisnya sudah somplak nanya sendiri)
Itu loh,spindlenya... (tuhkan jawab sendiri,hehe)
Itu as spindle saya buat dari as 1",vulleynya dibubut dari as 2" untuk v-belt A. Rumah bearingnya dari pipa tebal 45x60. Menggunakan bearing 6205. Penjepit pisaunya juga dibuat di mesin bubut,dari plat 10mm dgn diameter luarnya 60mm.


mesin potong batu candi
Mesin potong batu candi diatas hampir sama dengan mesin potong tadi. Cuma ukurannya aja yang gede. Pisaunya aja 600mm. Jadi saya buat penjepit pisaunya 110mm OD. Spindel dan rumah bearingnya juga dibuat di mesin bubut,bukan pake bearing duduk. Vuleynya beli di toko,dia 4"xB2
Bedanya mesin ini pake meja yang bisa didorong-dorong. Ada rel as 19mm kiri kanan. Maka kerjaan mesin bubutnya nambah yaitu membubut roda. Bahannya ST42 diameter 3",bearingnya 6205 kiri kanan. Asnya tembus kiri kanan,pake as 1'.
\
mesin gergaji kayu

mesin gergaji kayu/pecah kayu
Dua foto diatas adalah mesin sederhana banget. Cuma untuk mesin bubut kecil yang saya punya yaitu mesin bubut C06230A yang panjangnya cuma 914 swing over carriage 7",12"over bed tp buka perutnya cukup lebar,17".
Tetap saja kerepotan membubut as 2" sepanjang 700mm dan harus menggunakan aksesoris mesin bubut,perlengkapan mesin bubut yang lain yaitu steady rest alias kaca mata alias brill duduk.
Meskipun begitu akhirnya selesai juga. Gak kalah beratnya adalah vuleynya besi cor diameter 14" dua jalur B. Penjepit pisau juga agak tebal dan besar mengikuti besarnya pisau mesin pemotong kayu ini yang sebesar 90cm.

Nah,itu tadi beberapa barang yang saya kerjakan yang menunjukkan apa fungsi dan kegunaan mesin bubut.
Bisa dikatakan mesin bubut itu adalah ibu dari semua mesin,karena semua mesin dibuat dari mesin bubut,setidaknya beberapa bagian darinya dibuat dengan mesin bubut. Trims mesin bubut.... :D

0 comments:

Labels

aksesoris alat tangan Aplikasi Android aplikasi caliper aplikasi lathe worker aplikasi mesin bubut bahan kerja bahaya mesin bubut baja karbon bearing belajar mesin bubut belajar bubut belajar mesin bubut bengkel bubut besi cor cara download rekaman smule cara membubut cara mengecor logam carbide tungsten chuck rahang empat chuck rahang tiga cutting feed drat drat sumur bor foto job fungsi mesin bubut galungan gambar ulir games tukang bubut hari raya inchi jangka sorong jenis ulir jig job job bubut jual mesin bubut jual mesin kertas rumput jual mesin potong batu jual mesin potong pandan jual sok drat kartel kecepatan potong keselamatan knurling kuningan las-bubut maintenance mata bor membuat lubang membuat mesin bubut kayu membuat ulir membubut alur membubut eksentrik membubut lubang membubut rumah bearing membubut tirus membubut ulir' ulir segi tiga menbubut luar menghitung berat logam mesin batu candi mesin bor mesin bor frais mesin bubut mesin bubut bekas mesin bubut china mesin bubut kayu sederhana mesin frais mesin jigsaw mesin kertas rumput mesin lain mesin perkakas mesin potong batu Mesin potong batu candi mesin potong pandan mesin rajang pandan metode pencekam benda mesin bubut micrometer milimeter milling mobil esemka pahat bubut pahat bubut karbide pahat bubut lubang pahat potong paper shreder pemotongan mesin bubut pendingin pengecoran pengetahuan bahan pengukuran perawatan perlengkapan mesin bubut pipa produk produksi proyek rpm mesin bubut SMK snei dan tap springback tahun baru imlek tangga besi tehnik bubut tips tips and trick tips dan trik tumpek landep. tutorial tutorial mesin bubut tv online streaming ulir segi empat ulir segi tiga waktu membubut waktu pembubutan wanita dan mesin bubut women on lathe zubal

Yang Lagi Serius




 

Google+ Followers

About Me

Foto Saya

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Copyright © 2009-2016 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger