Cari di Blog Ini

Minggu, 27 September 2015

Cara Belajar Membubut Agar Bisa Dalam 1 Minggu

0 comments
Mengingat banyaknya user yang datang dengan kata kunci "cara membubut",saya beranggapan yang menggunakan blog ini bukan lagi hanya dari kalangan anak SMK mesin,namun banyak juga dari pengelola bengkel motor,atau industri kerajinan yang berniat melengkapi usahanya dengan sebuah mesin bubut.
Seperti kami sampaikan di awal-awal menulis tutorial di blog ini,kami bukan lah sarjana mesin ,apalagi professor :D.. yang ahli dlm hal mesin bubut. Kami cuma punya sedikit pengalaman dengan mesin bubut dan itu pun kami bagi lagi disini,sisanya baru bawa pulang,hehehe


Jadi ceritanya sekarang kami ingin merangkum, bagaimana menyajikan tutorial agar seseorang bisa menguasai mesin bubut ,dan tentu bisa mengoperasikan dalam 1 bulan. Sekali lagi ini tentang mesin bubut tradisional,kalo males menyebut konvensional. Dan ini tentang membubut logam,terutama besi,bukan lilin atau kayu.

Saya kelompokkan tutorial kedalam beberapa penguasaan materi:

1. Mengenal dan menguasai mesin
2.Mengenal alat potong, pahat,bor,dll
3.Mengenal alat ukur

Syarat Agar bisa membubut dalam 1 bulan
1. Ada mesin dan pahat bubutnya. Mau yang mini-lathe,yg model BV,1 meteran atau 5meteran,terserah...yg penting mesinnya "Jalan/bisa beroperasi"
2. Ada niat dan kemauan (ga tau jg apa dua kata itu artinya sama atau beda)
3. Sudah mengetahui syarat keselamatan kerja. Jadi kita anggap kamu sudah tau kalo membubut itu jangan pake sarung tangan,arloji,tongsis dll. serta memakai kacamata.
4. Sudah membaca semua tutorial mesin bubut di blog ini.Atau download e-booknya disini

Cara Belajar Membubut Agar Bisa Dalam 1 Minggu.

Hari I
Pelajari lagi Tutorial Mesin Bubut 1 dan 2.
Hidupkan mesin bubutnya,ga usah ada benda kerja yang di cekam di chuck. Hidupkan saja,dengan putaran lambat atau sedang (kira2 300 RPM)
Lalu coba putar dengan kecepatan lain,bila perlu cobalah semua tingkat RPMnya. Ingat,pindah tuas saat mesin MATI.
Ambil sebuah benda kerja. Pasang di chuck,senterkan biar ga goyang,bisa menggunakan alat bantu atau pengamatan saja dl..
Pasang sebiji mata bor di chuck bor pada kepala lepas. Kencangkan dan cobalah bor benda tadi dengan menggunakan RPM yg sesuai. Hari ini kamu sudah Mengebor dengan Mesin Bubut

Hari II
Pastikan semalam kamu baca tutorial Ini dan ini.
Pasang sebuah pahat bubut luar di toolpost dan sepotong benda kerja kira-kira berdiameter 25mm dgn panjang 80mm atau lebih.Biarkan nongol kira-kira 40mm.
Senterkan seperti kemaren dan kuatkan.
Cobalah pemakanan muka,mulai dengan sentuhan tipis dan majukan ke pusat benda kerja. Ulangi sampai rata. Pada saat meratakan muka (facing) ujung pahat harus nyentuh perama kali atau dengan kata lain sedikit ke kiri dari garis tegak terhadap sumbu x(poros mesin).
Kalo sudah,cobalah membubut diameter luarnya.
Sebelumnya posisikan pahat tegak lurus..Atau,agak miring ke kanan,kebalikannya dari yg tadi.(ini untuk pemakanan agak banyak)
Cobalah majukan pahat semili dari permukaan benda kerja dan gerakkan ke kiri untuk pemakanan.Bubut sepanjang kira-kira 30mm.
Ulangi lagi.
Lagi,sampai kira kira diameternya menjadi 19mm,skalian latihan menggunakan jangka sorong.
Perhatikan,tatal bubutan (chip) yang muncul itu panas,hati-hatilah. Gunakan cairan pendingin.
Nah,Hari ini kamu sudah bisa membubut diameter luar dan facing.

Hari III
Yang harus dipraktekkan hari ini adalah:
http://an-tika.blogspot.com/2011/06/membubut-diameter-dalam-lubang.html
Untuk latihan yang ini belilah material yang agak empuk dulu seperti aluminium dengan diameter 3".
Maksudnya,akan lebih mudah belajar membubut lobang yang tidak terlalu kecil. Ingatlah prinsip pahat bubut.
Harusnya sehari sudah bisa.

Hari IV
Cobalah praktekkan tutorial ini,cara mengalur dan memotong di mesin bubut.

Hari V
Membuat Tirus 

Hari VI-VII
Dua hari ini cukup pelajari bagian yang tersulit dari tekhnik dasar mesin bubut untuk pemula. Ini adalah tentang membuat ulir. Sebelumnya tentu harus tau jenis-jenis ulirnya,pahat untuk membuatnya,menyeting mesinnya dan terakhir operasinya. Baca-baca lagi tutorialnya yang ini tentang Ulir dan cara membuat ulir luar.
Untuk memulai,buatlam kisar yangtidak terlalu kasar,misalnya buat drat as leher motor,M24x1, yang artinya diameter luar asnya 24mm dan kisar dratnya 1mm (jarak puncak drat satu ke lainnya).
Siapkan sebuah Mur untuk langsung mencoba hasilnya.

Semoga cara diatas bisa membantu anda yang lagi mencari artikel tentang Belajar Cara Membubut,dan masih banyak yang harus diperdalam. Saya sendiri masih belajar dan sekali lagi tutorial ini untuk pemula,para Master harap minggir..... :D
Salam.
 
Continue reading ...

Labels

aksesoris alat tangan Aplikasi Android aplikasi caliper aplikasi lathe worker aplikasi mesin bubut bahan kerja bahaya mesin bubut baja karbon bearing belajar mesin bubut belajar bubut belajar mesin bubut bengkel bubut besi cor cara download rekaman smule cara membubut cara mengecor logam carbide tungsten chuck rahang empat chuck rahang tiga cutting feed drat drat sumur bor foto job fungsi mesin bubut galungan gambar ulir games tukang bubut hari raya inchi jangka sorong jenis ulir jig job job bubut jual mesin bubut jual mesin kertas rumput jual mesin potong batu jual mesin potong pandan jual sok drat kartel kecepatan potong keselamatan knurling kuningan las-bubut maintenance mata bor membuat lubang membuat mesin bubut kayu membuat ulir membubut alur membubut eksentrik membubut lubang membubut rumah bearing membubut tirus membubut ulir' ulir segi tiga menbubut luar menghitung berat logam mesin batu candi mesin bor mesin bor frais mesin bubut mesin bubut bekas mesin bubut china mesin bubut kayu sederhana mesin frais mesin jigsaw mesin kertas rumput mesin lain mesin perkakas mesin potong batu Mesin potong batu candi mesin potong pandan mesin rajang pandan metode pencekam benda mesin bubut micrometer milimeter milling mobil esemka pahat bubut pahat bubut karbide pahat bubut lubang pahat potong paper shreder pemotongan mesin bubut pendingin pengecoran pengetahuan bahan pengukuran perawatan perlengkapan mesin bubut pipa produk produksi proyek rpm mesin bubut SMK snei dan tap springback tahun baru imlek tangga besi tehnik bubut tips tips and trick tips dan trik tumpek landep. tutorial tutorial mesin bubut tv online streaming ulir segi empat ulir segi tiga waktu membubut waktu pembubutan wanita dan mesin bubut women on lathe zubal

Yang Lagi Serius




 

Google+ Followers

About Me

Foto Saya

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Copyright © 2009-2016 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger