Cari di Blog Ini

Selasa, 22 Desember 2015

Mesin Pemotong Pandan Ini Bisa Digunakan Di Dapur

0 comments
Suatu hari saya ditelpon seseorang dari Jakarta,yang konon sempat melihat gambar 
 buatan saya di internet. Beliau bertanya apakah mesin ini bisa membantu usaha beliau dalam membuat perasa pandan di bisnis kue. Saya kaget juga,biasanya mesin ini digunakan untuk merajang pandan yang kemudian digunakan untuk hiasan floris,keperluan nyekar saat ziarah makam atau perlengkapan upacara di Bali. 
Saya bertanya balik,apakah pandan yang dipotong emang banyak? Beliau mengatakan bahwa tiap hari menghabiskan cukup banyak potongan pandan yang kemudian diolah lagi,sehingga tidak mungkin mengerjakannya secara manual lagi.

Oke,kalo gitu kami bisa buatkan ukuran yang lebih kecil dari yang biasa kami jual. Ukuran yang lebih kompak buat dioperasikan di dapur. Jadilah saya membuatkan mesin pemotong pandan special edition berikut ini,hehe...
Oh,ya.. Untuk membuat harga tetap terjangkau,kami belum bisa menggunakan plat stainless steel untuk bodinya,tapi untuk as-nya,dan baut-bautnya sudah menggunakan bahan stainless biar lebih tahan terhadap korosi.



desain praktis untuk penggunaan di dapur

bodi kokoh tapi imut

motor terlindung




dilengkapi tutup pengaman

packing kayu

packing rapi


siap dikirim

bukti pengiriman

Terimakasih untuk Bapak Victor yang telah membeli produk kami. Jika anda juga berminat, hubungi kami.

Continue reading ...

Sabtu, 24 Oktober 2015

Fungsi Mesin Bubut dan Benda Yang Dibuat Dengan Mesin Bubut

0 comments
Dari sekian banyak tutorial mesin bubut untuk pemula di blog sederhana ini,ternyata masih saja ada pengunjung yang datang dengan pertanyaan fungsi mesin bubut. Ya,namanya juga orang bertanya dan mencari,terserah kalo mau search apa saja tentang mesin bubut. Meskipun sudah ada artikelnya namun saya pikir tidak ada salahnya saya memberi lagi penjelasan,namun kali ini sekalian dengan gambar barang-barang dari produk mesin bubut sederhana yang kami hasilkan dari bengkel las-bubut kecil kami.


drat tirus
Diatas ini adalah salah satu contoh hasil membuat ulir/drat di mesin bubut. Cara membuat ulir di mesin bubut juga sudah pernah di bahas,tapi barang ini memiliki bentuk tirus. Cara membubut tirusnya dengan eretan atas,ada juga artikelnya. Barang ini digunakan oleh para pengrajin perak,kerang,atau batu akik untuk mencekam kain poles di mesin gerinda.

drat pipa
Gambar diatas adalah apa? Ya,itu potongan pipa gas pendek-pendek yang di drat ujung ujungnya agar bisa diinstal dengan sok dratnya. Meskipun sudah ada mesin khusus untuk snei pipa,tapi saya membubut drat pipa itu di mesin bubut. Kenapa,ya,karna ga punya mesin snei,...hahaha. Nah,untuk yang sering ngedrat pipa di mesin bubut pasti sudah hafal,kisar atau gang atau banyaknya ulir tiap inchi itu berapa aja.. Ya,untuk pipa umumnya menggunakan standar NPT alias National Pipe Thread,yg sering saya kerjakan mulai pipa 1/2" (14TPI),pipa 3/4" (14TPI),1" (11TPI) dst....dst. (TPI alias thread per inch,alias jumlah ulir per inchi,alis gang!)

mesin gerinda potong rakitan
Gambar diatas sebenarnya malu jelasin,lah wong di toko perkakas banyak yang jual mesin chopsaw,ini malah disuruh rakitkan lagi. Alesannya biar dinamo alis motornya agak jauh dari pisau,biar ga kena air karena akan dipake buat mutilasi bongkahan batu akik.
Iya deh,tapi mana kerjaan bubutannya,orang cm meja kecil sama bar jungkat jungkit gitu??? (penulisnya sudah somplak nanya sendiri)
Itu loh,spindlenya... (tuhkan jawab sendiri,hehe)
Itu as spindle saya buat dari as 1",vulleynya dibubut dari as 2" untuk v-belt A. Rumah bearingnya dari pipa tebal 45x60. Menggunakan bearing 6205. Penjepit pisaunya juga dibuat di mesin bubut,dari plat 10mm dgn diameter luarnya 60mm.


mesin potong batu candi
Mesin potong batu candi diatas hampir sama dengan mesin potong tadi. Cuma ukurannya aja yang gede. Pisaunya aja 600mm. Jadi saya buat penjepit pisaunya 110mm OD. Spindel dan rumah bearingnya juga dibuat di mesin bubut,bukan pake bearing duduk. Vuleynya beli di toko,dia 4"xB2
Bedanya mesin ini pake meja yang bisa didorong-dorong. Ada rel as 19mm kiri kanan. Maka kerjaan mesin bubutnya nambah yaitu membubut roda. Bahannya ST42 diameter 3",bearingnya 6205 kiri kanan. Asnya tembus kiri kanan,pake as 1'.
\
mesin gergaji kayu

mesin gergaji kayu/pecah kayu
Dua foto diatas adalah mesin sederhana banget. Cuma untuk mesin bubut kecil yang saya punya yaitu mesin bubut C06230A yang panjangnya cuma 914 swing over carriage 7",12"over bed tp buka perutnya cukup lebar,17".
Tetap saja kerepotan membubut as 2" sepanjang 700mm dan harus menggunakan aksesoris mesin bubut,perlengkapan mesin bubut yang lain yaitu steady rest alias kaca mata alias brill duduk.
Meskipun begitu akhirnya selesai juga. Gak kalah beratnya adalah vuleynya besi cor diameter 14" dua jalur B. Penjepit pisau juga agak tebal dan besar mengikuti besarnya pisau mesin pemotong kayu ini yang sebesar 90cm.

Nah,itu tadi beberapa barang yang saya kerjakan yang menunjukkan apa fungsi dan kegunaan mesin bubut.
Bisa dikatakan mesin bubut itu adalah ibu dari semua mesin,karena semua mesin dibuat dari mesin bubut,setidaknya beberapa bagian darinya dibuat dengan mesin bubut. Trims mesin bubut.... :D
Continue reading ...

Senin, 19 Oktober 2015

Jenis-Jenis Ulir/Drat Bagian II (Cara Membaca dan Menggambar Ulir)

0 comments

Sambungan ulir sangat luas di pergunakan dalam mesin-mesin, dan terdapat bermacam-macam jenis ulir. Jika diambil sebuah batang berulir, baut umpamanya, dan kernudian dipotong memanjang, maka akan terlihat penampang ulirnya. Ter gantung dari jenis ulirnya, maka penampang ulir tersebut dapat berbentuk: segi tiga, segi empat, trapesium, bulat dsb.nya. Penampang-penampang ini dapat dililitkan melalui garis ulir di dalam atau di luar suatu silinder. Dengan demikian akan terbentuk sebuah ulir dalam atau ulir luar.


Gambar 1. Bentuk-bentuk Ulir


Untuk menggambar bentuk- bentuk ulir tersebut diperlukan waktu dan pekerjaan yang lama dan membo sankan, bila digambar dalam proyeksi sebenarnya (Gambar 1).
Sebagai gambar kerja, gambar demikian tidak ada artinya. Oleh karena itu, ulir tidak digambar menurut gambar proyeksi yang sebenarnya, tetapi digambar secara sederhana dan diperlengkapi dengan keterangan-keterangan, seperti lambang, yang me nyatakan jenis ulirnya, arah lilitannya, ke kiri atau ke kanan, ulir tunggal atau ganda, jarak antara, dsb.

Pada umumnya ulir digambar secara sederhana, di mana diameter luar ulir digambar dengan garis tebal dan diameter dalamnya dengan garis tipis atau sebaliknya, dapat dilihat pada gambar 2 cara menggambarnya adalah sbb :

1. Diameter luar dari ulir luar d an diameter dalam dari ulir dalam digambar dengan garis tebal.
2. Diameter dalam, disebut juga diameter teras, dari ulir luar, dan diameter luar dari ulir dalam digambar dengan garis tipis.
3. Garis yang menunjukkan batas antara ulir lengkap dan tidak lengkap, ditarik dengan garis tebal.
4. Menurut perjanjian garis yang menunjukkan akar dari ulir tidak lengkap digambar dengan garis tipis, yang mcmbuat sudut 30° dengan sumbu baut.
5. Ujung lubang mata bor digambar dengan sudut puncak 120°.
6. Garis-garis batas ulir, yaitu garis-garis yang menunjukkan batas dalam dan luar dari ulir, digambar dengan garis gores, bila ulirnya tersembunyi.
7. Bagian ulir yang dipotong, diarsir sampai pada batas luarnya .
8. Pada gambar proyeksi rnelintang, akar ulir digambar sebagai bagian dari lingkaran, biasanya tiga perempat lebih, dengan garis tipis.
9. Dalam gambar susunan diameter luar ulir digambar dengan garis tebal (ingat benda pejal tidak boleh dipotong memanjang), dan diameter dari ulir dalamnya digambar dengan garis tebal mulai dari batas ulir baut.



Gambar 2. Penyajian Ulir


Penunjukan ulir

Beberapa sifat ulir harus diperinci pada ujung garis penunjuk, yang berpangkal pada diameter luar, sesuai susunan di bawah ini:

Contoh penunjukan ulir :



Gambar 3. Keterangan pada Ulir




Gambar 4. Cara Penunjukkan Ulir

Bila jenis ulir adala ulir tunggal, maka jumlah lilitannya tidak perlu disebut. Ukuran ulir dinyatakan dengan sebuah lambang, yang menentukan jenis ulirnya (dengan huruf, misalnya M untuk ulir metrik, W untuk ulir Withworth dsb.), diameter luar dan jarak antara atau jumlah ulir tiap inci. Contoh -contoh gambar bagian-bagian berulir diperlihatkan pada gambar 3 menunjukkan jenis, ukuran, kelas dan konfigurasi permukaan ulir.

Cara membaca gambar baut dan mur

Hampir semua jenis mes in mempergunakan baut sebagai alat pengikat, dari macam-macam jenis dan ukuran. Sesuai dengan tujuannya penggunaan baut, mur dipergunakan bersama-sama dengan baut atau baut tap. Kepala baut dan mur berbentuk segi enam atau segi empat, dan kepalanya digolongkan dalam kepala normal dan kepala tebal. Semuanya ini diperinci dalam standar, pembacaanya tidak digambar, tetapi dinya takan dengan keterangan.
Pada umumnya baut dan mur tidak digambar untuk tujuan pembuatan, tetapi dalam gambar susunan kadang-kadang digambar bersama-sama menurut perbandingan dengan diameter luar, seperti pada gambar 5.





Cara-cara Membaca Gambar Sekerup Mesin

Sekerup mesin dipergunakan untuk mengikat bagian-bagian dengan beban rendah, dan ukurannya lebih kecil dari pada diameter sekerupnya. Pembacaan penunjukan dan spesifikasi sekerup mesin ditentukan dalam standar. Pada umumnya sekerup mesin ini tidak digambar, kecuali pada gambar susunan. Cara- cara membaca gambar sekerup dapat dengan mudah seperti pada Gambar 7 menurut ukuran-ukuran dalam stundar.



Gambar 7. Macam-Macam Bentuk Sekerup


Continue reading ...

Minggu, 11 Oktober 2015

Cara Membubut Eksentrik dengan Chuck Rahang Tiga

0 comments
sebuah as eksentrik
Seperti yang sudah pernah dibahas pada tutorial tentang Chuck Rahang Empat , salah satu kegunaannya adalah bisa digunakan untuk proses pembubutan Eksentrik. Saya ga akan ngulas lagi kalo eksentrik itu adalah sebuah as bertingkat dimana setiap tingkatnya mempunyai titik sumbu yang berlainan alias tidak seporos.... Nah kan,disebutin lagi dah...:D
Namun pengerjaan dengan Chuk Rahang Empat atau Kaki Empat memerlukan waktu penyetelan yang cukup lama.
Kali ini kita akan membubut eksentrik dengan chuck rahang tiga.

Dalam tutorial mesin bubut ini kita coba membuatnya dengan as besi berdiameter 22. Berikut step-stepnya...

1. Penyiapan Bahan
Buatlah besi as dengan diameter jadi 22. Kalo ga ada ambil sepotong pendek as 25 trus bubut dikit.
membubut bahan

mendapatkan diameter yg diinginkan

2. Potong
Potong dengan menggunakan pahat potong/alur alias parting tool. Panjangnya gak masalah sih,asal kita cukup dapat mencekamnya untuk pembubutan selanjutnya.
memotong bahan
3. Membuat Packing/Ganjelan
Agar menjadi eksentris saat dicekam dengan chuck rahang tiga,benda kerja akan kita ganjel menggunakan sebuah bantalan yang kita bikin dulu. Bubut sebuah bahan,diameternya kira-kira selebar rahang chuck mesin bubut. Diameternya ga penting,tapiiii yang penting adalah panjang atau tebalnya,karena menentukan besarnya eksentrisitas (genjotan as).

Disini ada rumus seperti berikut:

Packing = offset x 1,5

dimana , Packing = tebalnya ganjel
              offset    = besarnya jarak bergesernya sumbu as (eksentriksitas)
Namun,ada juga rumus yang sedikit lebih teliti hasilnya dari yang diatas yaitu,

 
Packing = 1.5 x offset x (1 - (1/8 x (Offset / Diameter)))

 dimana, diameter yg dimaksud adalah diameter bahan

Dalam tutorial ini kita akan membuat offset/pergeseran asnya sebesar 5mm, maka untuk menghitung tebalnya ganjel,menjadi sbb:
  Packing = 1.5 x offset x (1 - (1/8 x (Offset / Bar Diameter)))
               = 1,5 x 5 x (1- (1/8 x (5/22)
               = 7,29
Jadi buatlah ganjel setebal 7,29 
membuat sebuah ganjelan
4. Cekam Benda Kerja dan Mulai Membubut Eksentrik

Cekam benda kerja dengan menaruh ganjel tadi di salah satu rahang chuk. Lakukan penyetelan lain seperti biasanya lalu cobalah membuat lubang dengan seter drill dan bubutlah sepanjang tertentu dengan diameter tertentu pula. Katakanlah diameter 10 sepanjang 5mm,dan lihatlah hasilnya....


menjepit benda kerja dgn ganjal

membubut eksentrik
Kalo kamu menginginkan ketebalan bahannya lebih tipis tapi kedalaman eksentriknya sudah cukup,kamu bisa balik benda kerjanya dan bubut permukaannya sampai ketebalan yg dikehendaki.
Maka kamu sudah bisa membubut eksentrik dengan chuck rahang tiga, hasilnya  seperti dibawah ini.

hasil bubutan eksentrik
Menggunakan cara seperti ini jauh lebih cepat dari menggunakan chuck rahang empat,walaupun tentu hasilnya akan lebih teliti dengan cara tersebut.

Semoga bermanfaat,sampai jumpa.... Keep on turning!



Continue reading ...

Minggu, 27 September 2015

Cara Belajar Membubut Agar Bisa Dalam 1 Minggu

0 comments
Mengingat banyaknya user yang datang dengan kata kunci "cara membubut",saya beranggapan yang menggunakan blog ini bukan lagi hanya dari kalangan anak SMK mesin,namun banyak juga dari pengelola bengkel motor,atau industri kerajinan yang berniat melengkapi usahanya dengan sebuah mesin bubut.
Seperti kami sampaikan di awal-awal menulis tutorial di blog ini,kami bukan lah sarjana mesin ,apalagi professor :D.. yang ahli dlm hal mesin bubut. Kami cuma punya sedikit pengalaman dengan mesin bubut dan itu pun kami bagi lagi disini,sisanya baru bawa pulang,hehehe


Jadi ceritanya sekarang kami ingin merangkum, bagaimana menyajikan tutorial agar seseorang bisa menguasai mesin bubut ,dan tentu bisa mengoperasikan dalam 1 bulan. Sekali lagi ini tentang mesin bubut tradisional,kalo males menyebut konvensional. Dan ini tentang membubut logam,terutama besi,bukan lilin atau kayu.

Saya kelompokkan tutorial kedalam beberapa penguasaan materi:

1. Mengenal dan menguasai mesin
2.Mengenal alat potong, pahat,bor,dll
3.Mengenal alat ukur

Syarat Agar bisa membubut dalam 1 bulan
1. Ada mesin dan pahat bubutnya. Mau yang mini-lathe,yg model BV,1 meteran atau 5meteran,terserah...yg penting mesinnya "Jalan/bisa beroperasi"
2. Ada niat dan kemauan (ga tau jg apa dua kata itu artinya sama atau beda)
3. Sudah mengetahui syarat keselamatan kerja. Jadi kita anggap kamu sudah tau kalo membubut itu jangan pake sarung tangan,arloji,tongsis dll. serta memakai kacamata.
4. Sudah membaca semua tutorial mesin bubut di blog ini.Atau download e-booknya disini

Cara Belajar Membubut Agar Bisa Dalam 1 Minggu.

Hari I
Pelajari lagi Tutorial Mesin Bubut 1 dan 2.
Hidupkan mesin bubutnya,ga usah ada benda kerja yang di cekam di chuck. Hidupkan saja,dengan putaran lambat atau sedang (kira2 300 RPM)
Lalu coba putar dengan kecepatan lain,bila perlu cobalah semua tingkat RPMnya. Ingat,pindah tuas saat mesin MATI.
Ambil sebuah benda kerja. Pasang di chuck,senterkan biar ga goyang,bisa menggunakan alat bantu atau pengamatan saja dl..
Pasang sebiji mata bor di chuck bor pada kepala lepas. Kencangkan dan cobalah bor benda tadi dengan menggunakan RPM yg sesuai. Hari ini kamu sudah Mengebor dengan Mesin Bubut

Hari II
Pastikan semalam kamu baca tutorial Ini dan ini.
Pasang sebuah pahat bubut luar di toolpost dan sepotong benda kerja kira-kira berdiameter 25mm dgn panjang 80mm atau lebih.Biarkan nongol kira-kira 40mm.
Senterkan seperti kemaren dan kuatkan.
Cobalah pemakanan muka,mulai dengan sentuhan tipis dan majukan ke pusat benda kerja. Ulangi sampai rata. Pada saat meratakan muka (facing) ujung pahat harus nyentuh perama kali atau dengan kata lain sedikit ke kiri dari garis tegak terhadap sumbu x(poros mesin).
Kalo sudah,cobalah membubut diameter luarnya.
Sebelumnya posisikan pahat tegak lurus..Atau,agak miring ke kanan,kebalikannya dari yg tadi.(ini untuk pemakanan agak banyak)
Cobalah majukan pahat semili dari permukaan benda kerja dan gerakkan ke kiri untuk pemakanan.Bubut sepanjang kira-kira 30mm.
Ulangi lagi.
Lagi,sampai kira kira diameternya menjadi 19mm,skalian latihan menggunakan jangka sorong.
Perhatikan,tatal bubutan (chip) yang muncul itu panas,hati-hatilah. Gunakan cairan pendingin.
Nah,Hari ini kamu sudah bisa membubut diameter luar dan facing.

Hari III
Yang harus dipraktekkan hari ini adalah:
http://an-tika.blogspot.com/2011/06/membubut-diameter-dalam-lubang.html
Untuk latihan yang ini belilah material yang agak empuk dulu seperti aluminium dengan diameter 3".
Maksudnya,akan lebih mudah belajar membubut lobang yang tidak terlalu kecil. Ingatlah prinsip pahat bubut.
Harusnya sehari sudah bisa.

Hari IV
Cobalah praktekkan tutorial ini,cara mengalur dan memotong di mesin bubut.

Hari V
Membuat Tirus 

Hari VI-VII
Dua hari ini cukup pelajari bagian yang tersulit dari tekhnik dasar mesin bubut untuk pemula. Ini adalah tentang membuat ulir. Sebelumnya tentu harus tau jenis-jenis ulirnya,pahat untuk membuatnya,menyeting mesinnya dan terakhir operasinya. Baca-baca lagi tutorialnya yang ini tentang Ulir dan cara membuat ulir luar.
Untuk memulai,buatlam kisar yangtidak terlalu kasar,misalnya buat drat as leher motor,M24x1, yang artinya diameter luar asnya 24mm dan kisar dratnya 1mm (jarak puncak drat satu ke lainnya).
Siapkan sebuah Mur untuk langsung mencoba hasilnya.

Semoga cara diatas bisa membantu anda yang lagi mencari artikel tentang Belajar Cara Membubut,dan masih banyak yang harus diperdalam. Saya sendiri masih belajar dan sekali lagi tutorial ini untuk pemula,para Master harap minggir..... :D
Salam.
 
Continue reading ...

Minggu, 02 Agustus 2015

Waktu Yang Dipergunakan Dalam Proses Pembubutan

0 comments


Kali ini kita kembali ke tutorial dasar mesin bubut untuk pemula,dan yang kita bicarakan adalah waktu dalam sebuah proses pembubutan benda kerja di sebuah mesin bubut konvensional. Kira2 untuk satu benda kerja,berapakah waktu yang kita butuhkan sampai selesai??? Sebelum kita bicarakan jumlahnya,lebih baik kita ketahui jenisnya dulu.
Waktu yang diperlukan untuk menghasilkan jumlah tertentu barang bubutan adalah waktu setup awal dan waktu selama siklus pembubutan untuk setiap bagian. Selanjutnya disebut Cycle Time.
Waktu siklus ini dapat dibagi menjadi empat bagian:

1.Waktu bongkar/pasang -
Waktu yang diperlukan untuk memuat benda kerja ke mesin bubut dan penyetelan dengan aman, serta waktu untuk membongkar benda kerja setelah selesai. Waktu ini dapat bergantung pada ukuran, berat, dan kompleksitas benda kerja, serta jenis perlengkapan.  Bayangin aja,waktu setting  as angker dinamo generator set 6PK tentu akan lebih lama dengan angker sebuah gerinda tangan.

2.Waktu Pembubutan -
Waktu yang diperlukan untuk alat pemotong untuk membuat semua sayatan yang diperlukan dalam benda kerja untuk setiap operasi.Termasuk pembubutan awal (perataan muka),dan proses lainnya sampai benda kerja selesai atau finish.    

3.Waktu Menganggur(Idle Time) -
 Membububt koq dibilang nganggur....:D
Maksudnya waktu yang non-produktif, ini adalah waktu yang diperlukan untuk setiap tugas yang terjadi selama siklus proses yang tidak melibatkan benda kerja. Waktu idle ini termasuk gerakan pahat yang menjauh dari benda kerja,  menyesuaikan pengaturan mesin, dan mengubah alat,memaju mundurkan kepala lepas,dll.
  
4.Waktu penggantian Alat  - 
Waktu yang diperlukan untuk mengganti alat yang telah rusak,pahat tumpul,bor patah,dll... Waktu ini biasanya tidak dilakukan di setiap siklus, melainkan hanya setelah fungsi telah tercapai. Dalam menentukan waktu siklus ini, waktu penggantian alat disesuaikan untuk produksi satu bagian dengan mengalikan dengan frekuensi(seringnya) penggantian alat.


Parameter Yang Menentukan Waktu Pemotongan Benda Kerja di Mesin Bubut

Di proses pembubutan, kecepatan dan gerakan alat potong ditentukan melalui beberapa parameter. Parameter ini yang dipilih untuk setiap operasi berdasarkan bahan benda kerja, bahan alat, ukuran alat, dan banyak lagi.

Cutting Feed
Besar kecilnya pemakanan selama proses pembubutan, yaitu jarak pergerakan pahat selama satu putaran benda kerja,diukur dalam inci per revolusi (IPR). Dalam beberapa operasi alat feed ke benda kerja dan kadang2,benda kerja feed ke alat. Untuk alat multi-point(bergerigi), cutting feed juga sama dengan pakan per gigi, diukur dalam inci per gigi (IPT), dikalikan dengan jumlah gigi pada alat pemotong.  

Cutting Speed/Kecepatan potong -
Kecepatan permukaan benda kerja relatif terhadap tepi alat potong selama memotong, diukur dalam surface feet atau panjang permukaan per menit (SFM).
Spindle Speed/Kecepatan spindle - Kecepatan rotasi dari poros dan benda kerja di putaran per menit (RPM). Kecepatan spindle sama dengan kecepatan potong dibagi dengan lingkar benda kerja di mana pembubutan berlangsung. Dalam rangka mempertahankan kecepatan potong konstan, kecepatan spindle harus bervariasi berdasarkan diameter dipotong. Makin kecil diameter,makin tinggi putaran spindle,pun sebaliknya.  

Feed Rate/Tingkat pemakanan -
 Kecepatan pergerakan pahat,relatif terhadap benda kerja ketika pahat membuat penyayatan. Tingkat pakan diukur dalam inci per menit (IPM) dan merupakan produk dari cutting feed(IPR) dan kecepatan spindle (RPM).
   
Axial depth of cut/Kedalaman sayatan ke arah sumbu poros-
adalah besarnya sayatan axial(masuknya pahat ke panjang benda kerja) saat membubut melintang. Besarnya kedalaman pahat yang masuk ke benda kerja juga merupakan satu parameter tersendiri dalam proses pemotongan. Termasuk dlm proses ini adalah pembubutan muka(facing). Ketebalan penyayatan saat membubut muka akan menentukan feed rate,semakin tebal semakin rendah atau pahatnya yang akan cepat rusak.

gambar dari www.custompartnet.com/

Radial depth of cut/Kedalaman Sayatan ke arah Radius-
adalah besarnya sayatan radial(masuknya pahat ke diameter benda kerja) saat membubut memanjang,termasuk saat membubut luar ataupun membubut dalam(boring) Sebuah  radial depth cut besar akan memerlukan tingkat pakan rendah, atau  akan mengakibatkan beban yang tinggi pada alat dan mengurangi umur alat.
gambar dari www.custompartnet.com/

Demikian yang bisa saya rangkum untuk tutorial mesin bubut tentang waktu yang dipergunakan selama proses pembubutan,semoga bermanfaat.
Continue reading ...

Senin, 13 Juli 2015

Jual Komponen Mesin Bubut Kayu Rakitan

0 comments
catok model plat pembawa dengan lubang skrup,terutama untuk membubut mangkok


as spindel dengan pillow block,vulley dan plat pembawa


kepala lepas dengan senter penyokong

satu set alat bubut kayu

perbandingan chuck pembawa dan senter
Continue reading ...

Rabu, 08 Juli 2015

Tips Membubut Kuningan

0 comments
Ada beberapa pertanyaan  seputar pembubutan Kuningan seperti berikut....


Hi-- Beberapa pertanyaan newbie disini. saya telah menggunakan mesin bubut  6" saya untukmembubut  kayu (pena) tapi sekarang saya akan menggunakannya untuk membubut beberapa kuningan.
  1. Apa jenis (bahan) pahat yang harus saya gunakan?
  2. Seberapa cepat rata-rata putaran mesin bubut ? 
  3. Telah diberitahu saya perlu  minyak/pendingin, terutama untuk memotong -- apa sebenarnya pendingin/minyak yang cocok dipakai? Dapatkah saya menggunakan hal-hal yang sama yang saya gunakan untuk meminyaki bahan yang lain? Terima kasih

http://www.robotroom.com
picture from http://www.robotroom.com

Jawaban penulis

Membubut bahan seperti kuningan,bronze,atau aluminium bagi sebagian orang sangat menyenangkan. Bahannya cenderung lebih lunak dari baja umum,tidak terlalu merepotkan dengan pendingin. Tapi yang membuat sebagian tukang bubut lain tidak menyukainya adalah tatal atau chip pemotongan kuningan yang tajam dan berhamburan. Berikut jawaban saya walaupun bukan expert,tapi berdasar pengalaman..
  1. Pahat HSS atau Carbide sama-sama bisa dipakai. Tips memilihnya ada disini.  HSS bisa memeakan lebih banyak tapi hati-hati. Karena struktur bahan kuningan,pahat HSS bisa masuk terlalu dalam dan....prakkkk!!!! bahan dan pahat bisa rusak. Jadi lebih dianjurkan pahat carbide apalagi proses pembubutan kasaran(rough).
  2. Cepat lambatnya RPM mesin bubut bergantung pada besar kecilnya bahan dan juga keras tidaknya bahan. Baca juga post ini . Jadi meskipun kuningan relatif "empuk" kalau diameternya besar dan cukup panjang ya ga bisa ngebut juga dong...... untuk diameter 1" saya biasa pake antara 600-800 rpm,pada pebubutan luar atau dalam,... bukan proses ngedrat lah pastinya....yang hanya 200an rpm.
  3. Membubut kuningan,bronze dan aluminium ,saya jarang menggunakan pendingin. Setelah proses selesai cukup dibersihkan dengan kain dan hasilnya akan mengkilap. Tapi untuk proses pembubutan yang banyak,pendingin yang bisa dipakai adalah solar atau minyak tanah. Dan untuk pembubutan ulir yng tebal saya menggunakan oli.
Itulah sedikit tips dalam proses pembubutan kuningan. Semoga bermanfaat. Happy chiping..... Selamat membuat tatal.... :) 
Continue reading ...

Senin, 11 Mei 2015

Tips dan Trik Menggunakan Hand Tap

1 comments
http://www.kanabco.com/vms/Media/cutting_tools_hand_tapping/hand_tapping.jpg


Sebelum mengetap,hal berikut harus ditentukan: 
  1. Tap lubang yang telah dibor dengan tepat. Lihat tabel ukuran tap dan lubangnya
  2. Tap memiliki spesifikasi yang benar. 
  3. Lubang tap bersih dan bebas dari semua chip (terutama untuk lubang buntu). 
  4. Sebuah cairan pemotongan yang sesuai telah dipilih untuk aplikasi selama proses pengetapan. 
 
Pegangan tap harus dipegang dengan kedua tangan pada pegangan dan tekanan yang sama diterapkan untuk memutar pegangan. Tap kemudian akan melangkah sendiri ke dalam lubang. Untuk memecahkan chip dan untuk menghindari tap makan dengan sisa potongan ikut terbawa,(terutama untuk lubang yang buntu) Tap harus mundur sekitar setengah putaran untuk setiap drat lengkap terbentuk. Setelah selesai tap diputar keluar dari lubang, bersihkan semua chip yang menempel dan drat hasilnya diperiksa dengan mal ulir. Jika lubang drat terlalu ketat, ulangi mengetap dengan tap urutan selanjutnya lagi sampai memenuhi spesifikasi.
Continue reading ...

Minggu, 15 Februari 2015

Proses Pembuatan Mesin Potong Kertas Rumput

0 comments
Tadinya sih saya berencana membuat postingan ini dengan judul "Step by Step Cara Merakit Mesin Pemotong Kertas Rumput"  atau "Membuat Mesin Kertas Rumput Dengan Mesin Bubut Manual", tapi saking asiknya selama proses produksi saya lupa mengambil beberapa gambar di mesin bubut untuk bahan postingan. Bahkan ketika mesin sudah selesai dirakit dan dikirim ke konsumen yang membeli mesin kertas rumput di bengkel kami,saya juga lupa menjepretnya.
Alhasil,untuk mesin pemotong kertas rumput yang terjual terakhir ternyata gak komplit juga photo yang saya dapat untuk posting di blog tutorial mesin bubut konvensional ini. Tapi tak apa-apa, jika nanti ada lagi order seperti ini semoga tidak ada yang tercecer lagi.
Soalnya ada beberapa pengikut  blog ini yang ingin mencari ide untuk bahan tugas akhir (TA) di kampusnya. Kali aja nanti bisa nemu ide lain untuk TA jurusan Mesin berdasarkan beberapa contoh job sederhana ini.

Oke,inilah beberapa langkah kerja dalam membuat mesin pemotong kertas rumput dengan mesin bubut manual,

proses pembubutan alur-alur

penyesuaian dua pemotong

kedua pemotong sudah siap

proses perakitan

Continue reading ...

Labels

aksesoris alat tangan Aplikasi Android aplikasi caliper aplikasi lathe worker aplikasi mesin bubut bahan kerja bahaya mesin bubut baja karbon bearing belajar mesin bubut belajar bubut belajar mesin bubut bengkel bubut besi cor cara download rekaman smule cara membubut cara mengecor logam carbide tungsten chuck rahang empat chuck rahang tiga cutting feed drat drat sumur bor foto job fungsi mesin bubut galungan gambar ulir games tukang bubut hari raya inchi jangka sorong jenis ulir jig job job bubut jual mesin bubut jual mesin kertas rumput jual mesin potong batu jual mesin potong pandan jual sok drat kartel kecepatan potong keselamatan knurling kuningan las-bubut maintenance mata bor membuat lubang membuat mesin bubut kayu membuat ulir membubut alur membubut eksentrik membubut lubang membubut rumah bearing membubut tirus membubut ulir' ulir segi tiga menbubut luar menghitung berat logam mesin batu candi mesin bor mesin bor frais mesin bubut mesin bubut bekas mesin bubut china mesin bubut kayu sederhana mesin frais mesin jigsaw mesin kertas rumput mesin lain mesin perkakas mesin potong batu Mesin potong batu candi mesin potong pandan mesin rajang pandan metode pencekam benda mesin bubut micrometer milimeter milling mobil esemka pahat bubut pahat bubut karbide pahat bubut lubang pahat potong paper shreder pemotongan mesin bubut pendingin pengecoran pengetahuan bahan pengukuran perawatan perlengkapan mesin bubut pipa produk produksi proyek rpm mesin bubut SMK snei dan tap springback tahun baru imlek tangga besi tehnik bubut tips tips and trick tips dan trik tumpek landep. tutorial tutorial mesin bubut tv online streaming ulir segi empat ulir segi tiga waktu membubut waktu pembubutan wanita dan mesin bubut women on lathe zubal

Yang Lagi Serius




 

Google+ Followers

About Me

Foto Saya

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Copyright © 2009-2016 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger