Tentang Kami | Produk | Kontak | Video | Galeri | Download | Disclaimer | Sitemap

Google+
Tutorial Mesin Bubut di blog ini ditujukan buat pemula dan penghobi.....  Mohon masukan dari para master.......



Jika anda menemukan laman ini dari google search,silahkan klik tombol google plus dibawah ini agar laman ini lebih gampang terindeks


Sabtu, 14 April 2012

Membuat Bantalan Kursi Putar Kayu

Salah satu ekspor andalan Indonesia adalah kerajinan,termasuk di dalamnya kerajinan kayu dan furniture. Salah satu produknya adalah kursi putar. Hal ini membuat bengkel bubut juga kebagian rejekinya. Karena kursi ini memerlukan bagian yang harus dibuat di bengkel bubut,yaitu sebuah roda yang akan dilekatkan dengan bagian tempat duduk dan bagian bawah yang akan menempel di kaki kursi,kurang lebih seperti gambar berikut.

kursi putar
kursi putar

Selanjutnya yang akan saya posting adalah cara membuat bantalan untuk kursi putar ini. Pekerjaan bubut tidak banyak,hanya membubut diameter dalam tempat bearingnya dan membubut diameter luar asnya.
Selanjutnya biarlah gambar-gambar di bawah yang bercerita. Mouseover saja untuk melihat keterangannya....



1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13 14
15
16
17
18


Rabu, 11 April 2012

Mengapa Masih Menggunakan Sistem Inchi?


Ada satu pertanyaan menarik.....
 Jika Sistem Metrik adalah sistem pengukuran yang paling banyak digunakan di dunia dan jika itu adalah juga yang paling tepat dan mudah digunakan, mengapa masih susah-susah untuk mempelajari Sistem Inch? Jawabannya adalah bahwa ekonomi terbesar Pertama dan Keempat di dunia menggunakannya: Amerika Serikat dan Britania Raya.

Karena begitu banyak mesin di dunia telah dirancang untuk spesifikasi Inch dan karena mesin bubut beroperasi menggunakan skala inci dan karena sebagian besar cetak biru yang digunakan untuk membuat mesin dan bagian yang akan dibuat pada mesin berada dalam inci, maka Sistem Inch adalah sangat layak di diskuskan.
Ada beberapa barang yang mungkin anda lebih fasih menyebut ukurannya dalam ukuran inchi,misalkan pipa. Pipa 1 inchi, 2" dst... Trus layar monitor,diameter speaker,diameter roda,velg dll. Semua itu lebih sering disebutkan dalam ukuran inchi daripada metrik.

gbr roda 16 inchi
roda 16 inchi

gbr speaker 8 inchi
speaker 8 inchi

gbr velg 15 inchi
velg 15 inchi

gbr laptop layar 13,3 inchi
laptop layar 13,3 inchi

Tetapi juga perlu dicatat bahwa Amerika Serikat bergerak cepat menuju sistem metrik. Mobil dibuat di Amerika Serikat yang dibuat untuk standar metrik dan militer AS dan industri kedirgantaraan telah secara eksklusif menggunakan sistem metrik selama bertahun-tahun (sebagian besar dari industri pesawat komersial masih  inci terutama).

Perbandingan Inchi dan Milimeter

Sistem Inch didasarkan pada kaki sebagai unit standar referensi. Satu kaki dibagi menjadi 12 bagian yang sama disebut inci. Setiap inci dibagi ke dalam berbagai pecahan dan desimal.

gbr perbandingan inchi-milimeter
perbandingan inchi-milimeter


Sistem Inch adalah sistem yang agak membingungkan karena tidak memiliki keunggulan berbasis desimal dari Sistem Metrik. Bagian dari kaki tidak dapat dengan mudah dinyatakan sebagai desimal inci. Sebagai contoh, dalam sistem metrik 7 milimeter adalah 0,7 cm yang 0,07 decimeters yang 0,007 meter. Tapi 7 inci adalah 0,583333 kaki yang 0,19444 meter dan sebagainya. Ini adalah keuntungan yang jelas untuk sistem metrik.

Nama lain untuk Sistem Inch adalah Sistem Inggris. Sistem Inch digunakan di negara-negara berbahasa Inggris, tapi sedang perlahan-lahan digantikan oleh sistem metrik.

Satu inci 25,4 milimeter panjangnya. Tapi itu tidak selalu demikian. Karena kedua inci dan meter berasal satuan independen. Adalah wajar untuk bertanya-tanya bagaimana inci bisa dijelaskan begitu tepat oleh meteran.

Sebelum 1959 tidak ada konversi yang tepat. Satu inci dalam hubungannya dengan meter tidak ditentukan di masa lalu empat tempat desimal. Pada tahun itu dan dengan konvensi internasional inci memberikan perbandingan seberapa panjang itu sehingga dapat didefinisikan oleh meteran. Oleh karena itu,kini, kepastian persis 25,4 milimeter per inci.

Jika satu inci persis 25,4 milimeter maka berapa satu milimeter dalam inci?

1/25.4 = 0.03937007874015748

(dan itu berlangsung seterusnya sepanjang nilai desimalnya)

Tapi, 0,0394 cukup dekat untuk tujuan permesinan.


Beberapa konversi umum

1,0 milimeter = * 0,0394 inci
1,0 sentimeter = * 0,3937 inci
1,0 decimeter = 3,937 inci *
Meteran 1.0 * = 39,37 inci
1,0 inci = 25,4 mm **
1,0 kaki = 30,48 cm **
1,0 meter = 0,9144  yard **

perkiraan *
tepat **


Tabel Perbandingan Milimeter dan Inchi


gbr tabel konversi inchi-milimeter
tabel konversi inchi-milimeter


Selasa, 10 April 2012

Sistem Pengukuran di Mesin Bubut

Ada dua sistem pengukuran yang digunakan di bengkel-bengkel mesin bubut saat ini, sistem metrik dan sistem Inch.

Sistem Metric didasarkan pada meteran sebagai unit standar referensi. Argometer (sekitar 39,37 inci panjang) dibagi menjadi 10 bagian yang sama disebut decimeters. Decimeter Setiap dibagi menjadi 10 bagian yang disebut sentimeter dan setiap sentimeter dibagi menjadi 10 bagian yang disebut milimeter.

Sistem metrik adalah sistem yang sangat pas karena secara eksklusif sistemnya desimal dan karena itu memiliki multiplier umum dan pembagi dari 10. Pecahan biasa tidak digunakan dalam sistem metrik. Sebaliknya sistem metrik hanya menggunakan pecahan desimal. Nama lain untuk sistem Metric termasuk satuan SI dan unit ISO. Sistem metrik adalah sistem yang paling umum digunakan pengukuran di dunia.








Senin, 09 April 2012

Dasar-Dasar Pengukuran



Jenis yang paling umum dari pengukuran adalah pengukuran linear dan dimulai dengan membentuk garis panjang yang akan diukur. Kata "ukuran" mulai dari titik acuan dan berakhir pada titik diukur. Kedua titik referensi dan titik diukur berhubungan dengan sebuah fitur dari bagian yang sedang diukur (fitur merupakan karakteristik fisik bagian tapi kadang-kadang dapat menjadi datum unapparent). Tidak ada komponen arah untuk pengukuran linier sebagai jarak dari tepi bagian ke tengah lubang adalah sama dengan jarak dari pusat lubang ke tepi. Entah pusat lubang atau tepi dapat menjadi titik ukur atau titik referensi.

fitur pengukuran

Tipe lain dari pengukuran pengukuran sudut. Pengukuran sudut adalah hubungan antara dua fitur yang berbagi titik umum atau, menjelaskan secara berbeda, dua permukaan yang tidak paralel. Angka yang ditunjukkan di bawah ini memiliki fitur permukaan dua (a dan b)  bertumpu pada titik yang sama (c). Pengukuran sudut menggunakan derajat sebagai standar ukuran dan ada 360 derajat dalam satu putaran lengkap busur. Setiap tingkat memiliki 60 subdivisi yang disebut menit dan tiap menit memiliki 60 subdivisi yang disebut detik. Para Inch dan Sistem Metrik keduanya menggunakan derajat sebagai standar pengukuran sudut mereka.

pengukuran sudut

Selanjutnya kita akan bahas:

Sistem Pengukuran di Mesin Bubut

Perbandingan Inchi dan Milimeter

Mengapa Masih Menggunakan Inchi???

Baja Karbon (Pengetahuan Bahan 4)


Mungkin julukan "baja karbon" harus diganti dengan sesuatu yang kurang menyesatkan karena semua baja mengandung karbon. Besi, bahan dasar dari baja, memiliki begitu banyak karbon dalam bentuk besi karbon babi yang benar-benar harus dihilangkan untuk menghasilkan apa yang kita sebut "baja karbon".

Jadi apa yang membuat baja karbon yang berbeda dari baja lain? Satu definisi untuk baja karbon adalah: ia harus telah disempurnakan (kandungan karbon yang tinggi dihapus dari pig iron) dan tidak mengandung unsur-unsur paduan sengaja ditambahkan selain karbon (untuk kejelasan, baja dapat diproduksi dengan mengurangi karbon dalam besi babi ke tingkat yang memproduksi baja ATAU semua carbon dapat dihapus dan kemudian jumlah tertentu dari cabon dimasukkan kembali).

Unsur-unsur sisa mungkin masih ditemukan dalam baja karbon seperti yang ditambahkan untuk deoksidasi atau untuk mengatasi pengaruh dari oksigen dan belerang. Dalam Besi dan Baja American Institute (AISI) standar dan Society of Automotive Engineers (SAE) standar ada batas% ditempatkan pada elemen-elemen sisa yang mungkin terjadi dalam campuran. Misalnya semua baja mengandung mangan. Untuk beberapa bijih besi (seperti bijih digunakan oleh Sparta di Yunani kuno) mangan sudah dalam bijih dalam jumlah cukup besar. Mangan membantu dalam proses pemurnian untuk menghilangkan oksigen yang tidak diinginkan dan belerang. Jika bijih mangan kurang maka mangan biasanya ditambahkan dalam proses pembuatan baja. Namun untuk AISI / SAE penunjukan baja karbon ada batas untuk jumlah mangan yang dapat hadir .. Hanya ingat bahwa baja karbon karbon sebagai unsur tambahan primer dan tidak memiliki paduan sengaja dicampur dimasukkan untuk mengubah sifat mekanik baja.

Ada ratusan jenis baja karbon masing-masing dengan karakteristik unik mereka sendiri. Disajikan di bawah ini adalah empat baja karbon yang sama yang akrab bagi kebanyakan teknisi (perhatikan bagaimana persentase efek karbon yang digunakan dan sifat dari baja hasilnya).

Baja Karbon Rendah dan Ringan

Baja ringan karbon adalah bentuk paling umum dari baja karena harganya yang relatif rendah sementara itu memberikan sifat material yang dapat diterima untuk banyak aplikasi. Baja karbon rendah berisi sekitar 0,05-0,15% karbon dan baja ringan mengandung 0,16-0,29% karbon sehingga mudah dibentuk dan ulet, tetapi tidak dapat dikeraskan dengan perlakuan panas. Baja ringan ini memiliki kekuatan tarik relatif rendah, tetapi murah dan lunak. Kekerasan permukaan dapat ditingkatkan melalui karburasi.
Hal ini sering digunakan ketika jumlah besar dari baja yang diperlukan, misalnya sebagai baja struktur bangunan. Kepadatan baja ringan adalah sekitar 7,85 g/cm3 (7850 kg/m3 atau 0.284 lb/in3) [4] dan modulus Young adalah 210 GPa (30.000.000 psi).

Baja Karbon Menengah

Sekitar kandungan karbon 0,30-0,59%. Kuat dan memiliki ketahanan aus yang baik.Digunakan untuk sebagian besar permesinan, penempaan dan komponen otomotif.










Baja Karbon Tinggi

Sekitar kandungan karbon 0,6-0,99% Sangat kuat., Yang digunakan untuk pir/pegas dan kawat kekuatan tinggi .
Karbon baja yang berhasil dapat menjalani perlakuan panas memiliki kandungan karbon di kisaran 0,30-1,70% berat. Jejak kotoran dari berbagai elemen lainnya dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas baja yang dihasilkan. Jumlah jejak belerang khususnya membuat baja merah pendek. Paduan baja karbon rendah, seperti kelas A36, mengandung belerang sekitar 0,05% dan mencair sekitar 1426-1538 ° C (2599-2800 ° F) . Mangan sering ditambahkan untuk meningkatkan kemampuan pengerasan baja karbon rendah. Penambahan ini mengubah materi menjadi baja paduan rendah dengan beberapa definisi, tetapi definisi AISI dari baja karbon memungkinkan hingga 1,65% mangan berat.

Baja Karbon Ultra-tinggi

Sekitar kandungan karbon 1,0-2,0% . Baja yang dapat tahan terhadap kekerasan yang besar. Digunakan untuk tujuan khusus seperti pisau, as roda atau alat pemukul . Kebanyakan baja dengan kadar karbon lebih dari 1,2% yang dibuat menggunakan teknik metalurgi serbuk. Perhatikan bahwa baja dengan kandungan karbon di atas 2,0% dianggap besi cor.

Sabtu, 07 April 2012

Nonton Online TV Sambil Belajar Mesin Bubut

Setiap akhir pekan sudah bisa dipastikan saya sedikit kecewa melihat statistik blog Belajar Mesin Bubut ini. Pasalnya tentu saja karena pengunjung sepi dan page viewsnya pun tentu kecil.
Saya pikir tentu saja salah satu penyebabnya adalah karena pengguna internet pasti juga sama kayak saya,setiap akhir pekan menyaksikan siaran langsung sepak bola liga-liga Eropa...selain yang malmingan tentu....
blog-stat

Ketika saya mulai bua internet malam inipun saya nyambi liat pertandingan Liverpool kontra Aston Villa. Tadinya liat di televisi,jengkel...baru menit duabelas udah kebobolan di kandang sendiri. Ya sudah tak tinggal ngeblog aja. Tapi ga tega melewatkannya begitu saja,akhirnya saya streaming di poztmo.com
Nah,disinilah saya kepikiran untuk pasang juga script tv online di blog ini. Awalnya takut akan memberatkan loading, namun akhirnya saya pasang juga di page tersendiri.
Jadi bagi teman-teman yang mampir disini dan penggemar liga Inggris, Liga Champion,apalagi udah mau semifinal ga usah takut kelewatan. Saksikan saja RCTI,MNC dan Global TV di blog ini.
Dan satu lagi perhelatan besar sepak bola yang akan datang,yakni Piala Eropa 2012. Mudah-mudahan streamingnya tetap lancar.
O iya. Saat pertama buka tv onlinenya.....
  1. Tunggu sampai Player selesai di Load (layar akan terlihat blank hitam)
  2. Tunggu beberapa saat untuk Autorising Koneksi
  3. Tunggu beberapa saat sampai buffering selesai
  4. Selamat Menikmati TV Live Streaming Online
screenshoot tv online

Selamat menikmati.... Scriptnya bisa didapatkan di poztmo.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...