++ Mesin-Mesin Bubut Tua yang Pernah Saya Operasikan (Bagian 2) - Belajar Mesin Bubut

Cari di Blog Ini

Friday, January 20, 2012

Mesin-Mesin Bubut Tua yang Pernah Saya Operasikan (Bagian 2)


penampakkan mesin bubut C6127A


Setelah sebelumnya saya pernah bercerita tentang Zubal,mesin bubut bubut tua yang Pertama saya operasikan, saya jadi ingin melanjutkan menceritakan pengalaman menggunakan sebuah mesin bubut China yaitu C6127A. Saya bahkan sudah lupa sebagian spesifikasi mesin bubut ini. Masih untung saya mendapatkan penampakkan barunya mesin ini,gambarnya ada paling bawah. Di ekspor dari China oleh JiangXi Corporation Limited,mesin ini berukuran 280mm X 750mm.
Bos saya membeli mesin ini pada 18 Agustus 1994,saya masih ingat tanggal persisnya karena ikut "menjemput" mesin bekas ini di sebuah bengkel di Jalan Nusa Kambangan,Denpasar.
Keadaannya sudah cukup parah waktu itu. Keausan sudah sana sini. Bed,eretan dan poros transportir semua sudah payah,namanya juga mesin tua,...namun smua masih berfungsi. Otomatis arah x dan y masih bisa walaupun tidak bisa halus karena besarnya toleransi gearnya. Begitu juga poros ulirnya,masih bisa dibuat ngedrat.
Mesin ini memiliki body yang kokoh,karena mejanya terbuat dari besi cor,full.

Satu yang tidak bisa dilupakan dari C6127A ini adalah suaranya yang khas, bergemuruh dan berisik. Hal ini karena perpindahan tenaga menggunakan rantai,dari vully perantara setelah motor ke spindel utama. Mesin ini cukup lincah digunakan untuk membubut dan membuat drat/ulir pada shaft-shaft sampai diameter 25mm.



posisi tuas-tuasnya


Penampakkan barunya dalam sebuah brosur di alibaba.com  
 
 




0 comments:

 

About Me

My Photo

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Lencana Facebook

FB Page Admin

Copyright © 2009-2018 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger