Cari di Blog Ini

Jumat, 16 Desember 2011

Besi Cor (Pengenalan Bahan 3)

Besi cor adalah satu material penting dalam permesinan. Karbon (C) dan silikon (Si) adalah unsur paduan utama, dengan jumlah masing-masing berkisar 2,1-4% berat dan 1 sampai 3% berat. Besi paduan dengan konten karbon yang kurang dari itu dikenal sebagai baja.  Konon suhu lelehnya berkorelasi, biasanya mulai dari 1.150 sampai 1.200 ° C (2102 ke 2192 ° F), atau sekitar 300 ° C (572 ° F) lebih rendah dari titik leleh besi murni.

Besi cor cenderung rapuh, kecuali untuk besi cor yang ditempa. Dengan  titik leleh relatif rendah, fluiditas yang baik, castability mesin yang sangat baik, ketahanan terhadap deformasi dan ketahanan aus, besi cor telah menjadi bahan rekayasa dengan berbagai aplikasi dan digunakan dalam pipa, mesin dan suku cadang industri otomotif, seperti kepala silinder, blok silinder dan kasus gearbox. Hal ini tahan terhadap perusakan dan melemahnya oleh oksidasi (karat).

Unsur paduan

Sifat besi cor adalah diubah dengan menambahkan berbagai elemen paduan, atau alloyants. Next untuk karbon, silikon adalah alloyant paling penting karena memaksa karbon keluar dari campuran. Sebaliknya karbon bentuk grafit yang menghasilkan besi lembut, mengurangi penyusutan, menurunkan kekuatan, dan mengurangi kepadatan.
Belerang, ketika ditambahkan, bentuk besi menjadi sulfida, yang mencegah pembentukan grafit dan meningkatkan kekerasan. Masalah dengan sulfur adalah membuat besi cor cair lamban, yang menyebabkan cacat jangka pendek. Untuk mengatasi efek dari belerang, mangan ditambahkan karena bentuk keduanya menjadi sulfida mangan bukan besi sulfida. Sulfida mangan lebih ringan sehingga cenderung untuk mengapung keluar dari lelehan dan ke terak. Jumlah mangan dibutuhkan untuk menetralisir belerang 1,7 × 0,3% kandungan sulfur. Jika lebih dari ini jumlah mangan ditambahkan, maka menjadi bentuk karbida mangan, yang meningkatkan kekerasan dan dingin, kecuali dalam besi cor abu-abu , dimana sampai 1% dari kekuatan dan kepadatan mangan meningkat.

Nikel adalah salah satu alloyants yang paling umum  karena memurnikan struktur perlit dan grafit, meningkatkan ketangguhan, dan menghilangkan perbedaan kekerasan antara bagian ketebalan.
Selain itu unsur lain yang sering ditambahkan adalah Kromium, Tembaga, Molibdenum, Titanium, vanadium, dan zirkonium. Semuanya dimaksudkan untuk memperoleh sifat besi cor tertentu seperti membantu untuk membentuk grafit, menghilangkan oksigen,membuatnya bersifat keras,lunak dan lain lain.


Sejarah Penggunaan Besi Cor

Karena besi cor relatif rapuh, tidak cocok untuk tujuan di mana tepi yang tajam atau fleksibilitas yang diperlukan. Besi cor kuat di bawah kompresi, tapi tidak di bawah ketegangan. Saya baru tau kalau Cast Iron pertama kali ditemukan di Cina pada abad ke 4 SM. Dan dituangkan ke dalam cetakan untuk membuat mata bajak dan pot serta senjata dan pagoda.
Di barat,  baru dibuat pada abad ke-14 akhir, termasuk yang paling awal menggunakan bahan ini adalah pembuatan meriam.
Pot besi cor yang banyak dibuat di Inggris pada saat itu.

Dalam prakteknya di bengkel-bengkel bubut, besi cor banyak digunakan mereparasi rumah-rumah bearing yang rusak,setting klep dan lain-lain. Bahan besi cor banyak tersedia di toko bahan dalam bentuk boring dengan diameter bervariasi.

pengecoran

roda besi cor

kursi antik besi cor

valve cor

ornamen cor

roda gigi besi cor



0 comments:

Labels

aksesoris alat tangan bahan kerja bahaya mesin bubut baja karbon bearing belajar bubut bengkel bubut besi cor cara download rekaman smule cara membubut cara mengecor logam carbide tungsten chuck rahang empat chuck rahang tiga cutting feed drat drat sumur bor foto job fungsi mesin bubut galungan gambar ulir hari raya inchi jangka sorong jenis ulir jig job job bubut jual mesin bubut jual mesin kertas rumput jual mesin potong batu jual mesin potong pandan jual sok drat kartel kecepatan potong keselamatan knurling kuningan las-bubut maintenance mata bor membuat lubang membuat mesin bubut kayu membuat ulir membubut alur membubut eksentrik membubut lubang membubut rumah bearing membubut tirus membubut ulir' ulir segi tiga menbubut luar menghitung berat logam mesin batu candi mesin bor mesin bor frais mesin bubut mesin bubut bekas mesin bubut china mesin bubut kayu sederhana mesin frais mesin jigsaw mesin kertas rumput mesin lain mesin perkakas mesin potong batu Mesin potong batu candi mesin potong pandan mesin rajang pandan metode pencekam benda mesin bubut micrometer milimeter milling mobil esemka pahat bubut pahat bubut karbide pahat bubut lubang pahat potong paper shreder pemotongan mesin bubut pendingin pengecoran pengetahuan bahan pengukuran perawatan perlengkapan mesin bubut pipa produk produksi proyek rpm mesin bubut SMK snei dan tap springback tahun baru imlek tangga besi tehnik bubut tips tips and trick tips dan trik tumpek landep. tutorial tutorial mesin bubut tv online streaming ulir segi empat ulir segi tiga waktu membubut waktu pembubutan wanita dan mesin bubut women on lathe zubal

Yang Lagi Serius




 

Google+ Followers

About Me

Foto Saya

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Copyright © 2009-2016 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger