++ Membuat Rumah Spei dengan Mesin Bubut - Belajar Mesin Bubut

Cari di Blog Ini

Friday, October 21, 2011

Membuat Rumah Spei dengan Mesin Bubut

Membuat rumah pasak/spei pada sebuah poros umumnya dilakukan dengan menggunakan mesin bor frais. Namun jika tidak ada mesin bor fraisnya pekerjaan membuat alur ini bisa juga dilakukan dengan mesin bubut. Tentu saja ukuran panjang alur akan terbatas dan ditentukan juga oleh besarnya diameter benda kerja. Prinsip kerja juga akan terbalik,yaitu chuck mesin bubut yang biasanya adalah tempat mencekam benda kerja akan kita jadikan chuck bor dan sebaliknya, tool post,tempat pahat bubut akan kita jadikan tempat mencekam benda kerja.
Gbr1.pencekam benda kerja
Yang kita perlukan adalah sebuah alat pencekam tambahan (klem) yang akan mengikat benda kerja terlebih dahulu sebelum dijepit dengan pemegang pahat bubut(Gbr1.). Bisa menggunakan sebuah boshing besi dengan lubang yang bisa disetel kekencangannya,lalu dilas dengan sebuah plat paralel yang akan kita jepit di pemegang pahat. Aturlah jarak keluarnya poros dengan langkah eretan melintang,yang dalam hal ini akan berfungsi sebagai meja geser fraisnya. Jangan lupa menyetel agar ketinggian benda kerja sepusat dengan spidel mesin bubut.

Selanjutnya,setelah semuanya siap lakukan langkah percobaan dan seterusnya hidupkan mesin bubut dan kita membuat alur rumah spei dengan mesin bubut.

Gbr2. pemasangan benda kerja dan mata bor frais
Dan kita telah membuat alur spei walaupun tidak memekai mesin bor frais... Hasilnya seperti di bawah ini.

Gbr3. hasil alur spei
Weh,ada videonya juga..... Tapi maklum.ini diambil sambil kerja,dengan kamera hengpon pula....

0 comments:

 

About Me

My Photo

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Lencana Facebook

FB Page Admin

Copyright © 2009-2018 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger