Tentang Kami | Produk | Kontak | Video | Galeri | Download | Disclaimer | Sitemap

Google+
Tutorial Mesin Bubut di blog ini ditujukan buat pemula dan penghobi.....  Mohon masukan dari para master.......



Jika anda menemukan laman ini dari google search,silahkan klik tombol google plus dibawah ini agar laman ini lebih gampang terindeks


Minggu, 23 Oktober 2011

Cara Memuntir Kaki Dengan Mesin Bubut

Judul postingan kali ini memang agak seram,tapi bukan itu sebenarnya yang ingin saya tulis. Kali ini saya ingin menekankan kembali tentang keselamatan dalam mengoperasikan mesin bubut.
Dalam hal ini tidak ada salahnya jika kita mencontek apa yang diterapkan masyarakat di Amerika,karena standar keselamatan kerja di negara itu sangat tinggi.
Di Amerika,perusahaan asuransi, pemerintah negara bagian,individu-individu dan Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Amerika atau Occupational Safety and Health Administration (OSHA) menetapkan peraturan tentang keamanan karyawan dan peralatan mesin. Satu bagian khusus peralatan yang menimbulkan bahaya keamanan bagi operator adalah mesin bubut. Karena mesin berputar pada kecepatan tinggi dan operasi membutuhkan perangkat pemotongan tajam.
Ada beberapa aturan umum yang berlaku untuk operasi yang aman. Sebuah operator bubut logam harus seorang individu yang benar-benar dilatih dalam operasi dan keselamatan oleh instruktur yang berkualifikasi.

Persiapan

Sebelum memulai pekerjaan, operator bubut  harus memastikan area sekitar mesin tidak terhalang dan ada peralatan keselamatan di tempat. Semua operator bubut seharusnya  mengatur dengan benar,tentang benda kerja yang dipasang pada chuck,harus yakin telah dicekam dengan kuat sebelum di bubut.
Kunci chuck harus dihapus dan diamankan di tempat yang tepat, semua alat-alat lain harus dipindahkan dari bed mesin bubut.. Hal ini penting untuk menjaga kita agar tidak terkena pentalan kunci chuck atau alat alat lain yang berada di atas mesin yang mungkin tersenggol saat bekerja.

Operasi

Operator bubut  harus melakukan penyesuaian diri saat mesin beroperasi. Jangan menghentikan chuck yang masih berputar kencang dengan tangan, ketika mematikan mesin. Pastikan tutup mesin di sebelah headstock,dimana terdapat vanbelt dan roda gigi,tertutup. Jangan menyetel roda gigi tanpa mematikan mesin,sesuatu bisa saja terjatuh dari atas mesin dan menimpa tuas saklar,menghidupkan mesin dan roda gigi memotong jari anda.

Pemeliharaan

Setelah setiap kali digunakan, mesin bubut harus dibersihkan dan diminyaki untuk memastikan operasi di masa depan yang aman. Semua bram di lantai harus dibuang dan lantai dibersihkan setiap selesai penggunaan. Switch harus dalam posisi "off" dan tidak ada kontak listrik yang tersambung  jika mesin bubut tidak digunakan.

Pakaian

Seorang operator bubut logam tidak harus selalu memakai sarung tangan, untuk pekerjaan yang umum menggunakan sarung tangan bisa membahayakan,terlilit di benda kerja. Gunakan kacamata pengaman saat mengoperasikan mesin dan harus menghindari longgar pakaian. Sepatu kerja  diperlukan, operator harus melepas cincin dan perhiasan lainnya sebelum mengoperasikan mesin. Seseorang memakai dasi tidak boleh datang dekat dengan mesin bubut. Operator harus berambut  pendek atau mengikat rambutnya jika gondrong.

Bahaya

Pengoperasian mesin menyajikan potensi bahaya keamanan, sehingga operator harus berhati-hati. Mulai saat mengasah alat pemotong,karena mengandung serpihan logam.Sarung tangan harus dipakai  ketika membersihkan dan memelihara mesin bubut. Setiap kali mesin berputar, ada risiko benda terbang mematikan.
Tidaklah berlebihan bila kita membiasakan diri berdoa sebelum bekerja. Selalu memperhitungkan resiko dari proses pembubutan sehingga bisa melakukan antisipasi.
Di sekolah kejuruan,khususnya teknik mesin bubut,biasanya ditanamkan sejak dini tentang keselamatan kerja. Walaupun setiap siswa telah di asuransikan kesehatannya, namun asuransi bukanlah alasan untuk mengabaikan bahaya. Begitu juga di perusahaan-perusahaan besar,pasti juga operator bubutnya di bekali asuransi keselamatan kerja,namun keselamatan datang dari diri pribadi kita.


Apakah tulisan ini berlebihan? Berikut ini saya tampilkan bagaimana cara membanting(untung bukan membubut) tubuh anda dengan mesin bubut. Terlalu lengah sangat membahayakan jika kita berhadapan dengan mesin.....


Berikutnya,perhatikan suara dan rasakan beban pahat ketika proses pemakanan,terlalu memaksa,apapun bisa terbang dari mesin bubut.....

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...