Tentang Kami | Produk | Kontak | Video | Galeri | Download | Disclaimer | Sitemap

Google+
Tutorial Mesin Bubut di blog ini ditujukan buat pemula dan penghobi.....  Mohon masukan dari para master.......



Jika anda menemukan laman ini dari google search,silahkan klik tombol google plus dibawah ini agar laman ini lebih gampang terindeks


Minggu, 07 Agustus 2011

Pengetahuan Dasar tentang Ulir/Drat

Ulir/drat secara umum digunakan untuk mengikatkan atau mengencangkan beberapa bagian benda. Namun selain itu ulir juga bisa digunakan untuk menggerakkan. Jumlah, jenis dan ukuran drat sangat beragam,namun kali ini kita tidak akan membahas mereka semua di sini sehingga informasi berikut hanya dasarnya saja.

Jenis Threads/Drat/Ulir

Hampir semua baut dan mur pengikat memiliki drat yang berbentuk segitiga,namun begitu masih ada bentuk yang lainnya.

Drat segi empat atau trapesium digunakan pada bagian-bagian yang bergerak dan memiliki akurasi tinggi,seperti poros mesin bubut. Disamping itu masih ada lagi bentuk-bentuk penampang drat yang lain yang akan kita bahas pada kesempatan berikutnya.

Dalam hal standar ukuran drat/ulir, ada ulir metrik (M),ulir witworth(W/BSW) ulir paralel untuk pipa (PF), ulir tirus untuk pipa (PT), dan ulir terpadu (UNC, UNF). banyak digunakan di Jepang dan banyak negara di seluruh dunia.
Ukuran Metrik adalah standar internasional,yang digunakan hampir diseluruh dunia,dan Withworth (BSW) banyak dipakai di USA,Inggris atau Eropa.

Istilah yang Digunakan Dalam Ulir

Gambar 1 menunjukkan gambar Ulir. Salah satu istilah yang paling penting yang digunakan adalah diameter luar. Dalam kasus ulir metrik, baut dinamai sesuai dengan diameter luarnya misalnya baut dengan 5 mm diameter luar dikenal sebagai baut M5.

"Pitch" dari penampangnya adalah fitur lain yang penting dari ulir. Pitch atau kisar didefinisikan sebagai interval (jarak) antara sisi ulir satu dan sebelahnya. Mur & baut harus memiliki pitch yang sama serta diameter yang sama jika mereka akan digunakan bersama-sama.





Gbr1. istilah dlm ukuran ulir




Gbr2. tap dan snei




Proses Pembuatan Drat dengan Alat Tangan


Ketika kita membuat drat cowok(=drat luar,biar gampang aja) dengan alat tangan, kita akan menggunakan alat yang disebut snei atu “die”. Ketika kita membuat drat cewek, kita menggunakan alat yang disebut “tap”/hand tap.

Jika kita tidak memiliki alat yang sesuai ukurannya dengan dr at yang kita inginkan, kita juga bisa membuat drat dengan menggunakan mesin bubut,akan kita bahas nanti.

Ketika kita membuat ulir dengan menggunakan tap atau snei, perhatikan akan hal berikut.
(1) Mulai dengan posisi alat tegak lurus terhadap benda kerja
(2) putar alat kira kira seperempat putaran lalu balik,untuk membuang tatal
(3) Selalu gunakan minyak pelumas

Membuat Ulir Dalam Menggunakan Tap

Dalam satu ukuran Tap/hand tap terdiri atas 3 buah.Yang nomor satu memiliki ketirusan paling runcing agar bisa digunakan mengawali pekerjaan dengan mudah.Yang nomer dua keitrusannya lebih sedikit,dan yang nomer tiga atau disebut "buttoming tap" bentuknya paling sempurna,untuk finishing terutama pada lubang buntu.




Gbr3. satu set tap





Ketika kita mengebor lubang untuk membuat drat/ulir di dalamnya,perlu diperhatikan agar lubang yang kita buat ada dalam ukuran standar yang diijinkan,agar hasilnya sempurna. Bewrikut adalah tabel beberapa ukuran ulir dan diameter lubang bor yang disarankan.

Gbr4. tabel ukuran lubang ulir metrik dan pipa








Gbr5. tap dan penggunaannya






Membuat Ulir Luar dengan Snei/Die

Prinsip membuat ulir luar sama dengan ketika kita membuat ulir dalam dengan tap. Yang penting disini adalah pembuangan tatalnya. Snei tidakseperti tap yang memiliki 3 ukuran berbeda,namun biasanya memiliki celah yang bisa disetel untuk menyesuaikan  besarnya pemakanan. Dalam mempersiapkan diameterbenda yang akan didrat dengan snei,pastikan memberikan toleransi minimal 0,01. Misalnya kita akan membuat drat M6 maka diameter asnya adalah 5,9


Gbr6. snei dan pegangan




Untuk hasil yang lebih lurus dan mempermudah pekerjaan,menyenei bisa juga dilakukan di mesin bubut. Catok benda kerja dan pastikan lurus. Setel snei dan beri sedikit pemakanan ke benda kerja lalu tekan dengan chuck bor yang terpasang di kepala lepas. Lanjutkan seperti biasa,kendurkan dorongan chuck bor ketika membuang tatal dari snei,begitu seterusnya sampai selesai. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah.
Gbr7. Menyenei di Mesin Bubut

8 komentar:

Bubunabufakhri mengatakan...

sebuah pencerahan bagi dummies seperti saya, bermanfaat sekali, terima kasih sharing ilmunya. sekalian nanya di gambar tertulis lingkaran luar diameternya 4.2 sedangkan lingkaran dalam 3.5 berarti ukuran tapnya M4 x 0.75, apakah saya betul?

Christ06 mengatakan...

Betul itu M4x0.75, tp diameter luarnya tentu saja 4mm,bukan 4,2.
Terimakasi sudah berkunjung..

aziz jadoel mengatakan...

trima kasih atas ilmunya,,,,,,,,,skalian mau nnya tabel pada mesin bubut apakah sama untuk semua mesin,,trima kasih

Ari Antika mengatakan...

@mas azis: maaf,telat bgt jwbnya.... tidak,jika yg mas maksud adalah tabel posisi tuas2 dan perbandingan gigi untuk membuat ulir atau tabel pemakanannya,tentu tidak mas.

ashadi wido mengatakan...

Saya mau tanya mc bubut saya merk simplex ( lama) gimana caranya untuk bikin ulir drat luar dgn ukuran 2mm? Note: saya sedang belajar membuat ulir.

Ari Antika mengatakan...

@ashadi wido : apakah 2mm yg anda maksud adalah kisarnya? jika iya, tinggal cari kisar 2,0 di tabel,lalu posisi tuas,susunan gigi pengganti dicek apa perlu mengganti atau tidak
trims...

Azzam Pramudhita mengatakan...

bermanfaat bgt mas,klo boleh tau adminnya domisili dimana ya?

Ari Antika mengatakan...

@azzam: makasih, kami tinggal di Bali
Silahkan mampir di bengkel kami http://facebook.com/lasbubutntk

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...