++ Knurling,Pembuatan Pola Menggunakan Kartel - Belajar Mesin Bubut

Cari di Blog Ini

Sunday, August 21, 2011

Knurling,Pembuatan Pola Menggunakan Kartel


Knurling atau mengkartel adalah metode yang digunakan untuk memotong atau membentuk pola ke bahan seperti plastik atau logam. Proses ini biasanya dilakukan pada mesin bubut, meskipun dalam beberapa kasus alat tangan knurling akan digunakan sebagai gantinya. Sebuah benda kerja yang sudah di kartel akan memiliki pola seperti berlian, silang-menyilang, atau pola  garis lurus yang diberikan di dalamnya yang menambah fungsionalitas dan estetika. Knurling sering dimaksudkan untuk memberikan permukaan yang bisa digenggam lebih baik daripada yang diberikan oleh benda yang masih halus permukaannya, dan pola knurled/kartelan sering ditemukan pada pegangan, tombol, dan barang-barang sejenis lainnya.

pola hasil karteel
contoh alat tangan dgn kartelan
kartel mata  tunggal

Kartel
kartel mata ganda

Kartel
contoh mata/gigi kartel

Sementara pada kasus lain dapat juga digunakan digunakan untuk proses mengembalikan komponen yang aus, seperti bagaimana kepala piston sering knurled untuk meningkatkan kinerja di ruang pembakaran.
Sedangkan di bengkel kami,kartel sering dipakai untuk mengembalikan ketajaman pisau mesin pemotong kertas rumput,dimana setelah dikartel maka  permukaan alur-alur pisau akan melebar sehingga ketika bertemu dengan pasangannya akan bertambah sesak dan memotong kertas lebih baik(tajam).


knurling/mengkartel pisau mesin kertas rumput


Metode utama yang digunakan untuk mengkartel adalah proses bubut.
Kartel dipasang pada toolpost atau rumah pahat. Untuk membuat pola garis lurus bisa saja menggunakan kartel dengan satu mata,namun untuk pola berlian atau saling silang harus menggunakan dua mata kartel dengan pola berlawanan.
Proses pemakanan biasanya menggunakan otomatis ulir sambil menekan kartel dengan eretan melintang sampai mencapai kedalaman yang diinginkan.


knurling/mengkartel pada mesin bubut


Selain menggunakan mesin bubut,mengkartel juga bisa dilakukan dengan tangan. Alat-alat kartel tangan ini  bekerja dalam  cara yang hampir sama seperti pemotong pipa tetapi dirancang untuk menekan pola ke benda kerja, bukannya memotong.
Sebagian besar alat-alat knurling tangan berisi tiga roda, salah satu yang akan memiliki pola berlawanan dengan dua lainnya. Manfaat dari proses ini adalah bahwa alat yang diperlukan biasanya dapat dibawa ke lokasi pekerjaan, sehingga misalnya suatu handle yang sudah terlanjur terpasang bisa dikartel di tempat,daripada melepasnya lagi dan membawa benda kerja ke mesin bubut.

Kartel
hand knurling
kartel tangan

0 comments:

 

About Me

My Photo

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Lencana Facebook

FB Page Admin

Copyright © 2009-2018 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger