Cari di Blog Ini

Sabtu, 09 Juli 2011

Chuck Rahang Tiga,Aksesoris Utama Mesin Bubut

Chuck rahang Tiga telah menjadi salah satu aksesoris yang paling mendasar mesin bubut, khususnya ketika ada pekerjaan produksi mengolah bahan berbentuk silender.
Menggunakan chuck rahang tiga tampaknya menjadi prosedur sederhana yang sudah umum , tetapi jika dipelajari lebih dalam,masih banyak tips dan usaha untuk merawat pencekam rahang tiga ini agar berfungsi optimal dalam membubut.

Dengan diperkenalkannya mesin bubut CNC, chuck rahang tiga menjadi lebih maju secara teknis, dengan penambahan sistem pendorong hidrolik dan pneumatik. Karena itu chuck rahang tiga dapat dikendalikan secara otomatis, keberadaan mereka di lingkungan manufaktur modern adalah penting.
Namun di postingan ini tentu saja kita akan membahas pencekam rahang tiga untuk mesin bubut konvensional.

chuck rahang tiga

Mungkin ada yang bertanya apa keuntungan menggunakan chuck rahang tiga dibandingkan chuck rahang empat. Memang ada saatnya dimana kita harus menggunakan chuck rahang empat. Seperti dibahas dalam topik yang lain,chuck rahang empat digunakan jika pekerjaan memang menuntut hal itu,ketika suatu benda kerja tidak bisa dicekam dengan chuck rahang tiga,entah karena membubut eksentrik,bentuknya yang segi empat dll.
Ketika pekerjaan mengharuskan benda kerja dipasang dan dibongkar dengan jumlah waktu dan usaha yang singkat, maka chuck rahang tiga adalah pilihan yang terbaik.
Chuck rahang tiga juga merupakan pilihan yang baik jika ada pekerjaan dalam jumlah besar untuk mesin bubut, dan operasi yang dilakukan tidak memerlukan tingkat presisi yang tinggi.

Ada kelemahan tertentu dalam menggunakan chuck rahang tiga. Chuck rahang tiga yang digunakan banyak menghasilkan keausan pada cekaman. Karena keausan, harus ada pemeliharaan yang dilakukan secara berkala.

Ketiga rahang chuck dianggap atau diasumsikan berjalan sempurna konsentris, namun yang sering terjadi tidak selalu begitu. Potongan tatal masuk ke dalam alur dari chuck dan ke ulir spiral. Chip tatal ini sering menyebabkan gulir dan gigi bagian bawah rahang untuk mengikat menjadi aus, dan akhirnya bagian-bagian ini akan hilang dan menjadi kurang sempurna. Akibatnya, chuck tidak mencengkeram benda kerja dengan sempurna bahkan bisa goyang dan tidak sentris.

Chuck rahang tiga terbatas dalam ukuran benda kerja yang mereka dapat pegang, dan umumnya tidak dianggap pilihan terbaik jika mesin tugas berat sedang dilakukan. Untuk itu rahangnya bisa diganti dengan rahang balik untuk bisa mencekam benda dengan diameter yang lebih besar. Untuk ukuran mesin yang lebih besar biasanya tidak ada rahang balik tambahan,tapi rahang chuck tersebut sudah dibuat terpisah antara bagian gigi di dalam dan bagian pencekam diluar yang bisa di bolak balik,dengan dua buah baut pengikat.
Perhatikan video berikut:

menggunakan chuck rahang tiga



Kadang-kadang, mungkin perlu membongkar chuck untuk pemeliharaan rinci. Melakukan hal ini Anda akan mendapatkan pengetahuan kerja chuck. Maka kita perlu melepas chuck dari spindel mesin bubut.
Ketika melepas dan atau memasang chuck selalu gunakan dudukan kayu
Perhatikan video berikut:

melepaskan chuck


Cara membuka dan memasang rahang Chuck

Lepaskan masing-masing rahang dari alur atau slotnya. Setiap rahang dan slot rahang bernomor. Ini memberitahu Anda mana rahang yang harus dipasang di slotnya. Beberapa chuck memiliki urutan membongkar3,2,1 dan memasang kembali 1,2,3. Chuck lainnya membalikkan ini. Maka kesalahan pemasangan bisa terjadi jika hanya memperhatikan nomornya saja.

Kuncinya, Perhatikan bahwa setelah melepas rahang,ia memiliki pola gigi berbeda untuk masing-masing. Ini harus lebih diperhatikan daripada apa yang baru saja Anda baca tentang nomor rahang dan urutannya. Jangan meletakkan kembali rahang di slot yang salah! dan selalu menempatkan mereka kembali dalam urutan yang benar!
melepaskan rahang chuck


Jika rahang pertama yang akan dipasang kembali adalah rahang # 1 kemudian cari Slot # 1, putar kunci chuck sampai ulir spiral terlihat memasuki slot # 3 dan kemudian kembali keluar sampai tidak terlihat.

Melanjutkan dengan asumsi bahwa rahang # 1 adalah yang pertama untuk dirakit, menjatuhkan rahang ke slot # 1 dan putar scroll sampai terikat ulir spiral chuck. goyangkan rahang dalam maju mundur sampai Anda yakin ulir nya telah mengikat.

Ulangi langkah-langkah untuk rahang # 2, dan # 3 di slot # 2 dan # 3.
Untuk lebih jelasnya,perhatikan videonya
memasang rahang chuck

0 comments:

Labels

aksesoris alat tangan bahan kerja bahaya mesin bubut baja karbon bearing belajar bubut bengkel bubut besi cor cara download rekaman smule cara membubut cara mengecor logam carbide tungsten chuck rahang empat chuck rahang tiga cutting feed drat drat sumur bor foto job fungsi mesin bubut galungan gambar ulir hari raya inchi jangka sorong jenis ulir jig job job bubut jual mesin bubut jual mesin kertas rumput jual mesin potong batu jual mesin potong pandan jual sok drat kartel kecepatan potong keselamatan knurling kuningan las-bubut maintenance mata bor membuat lubang membuat mesin bubut kayu membuat ulir membubut alur membubut eksentrik membubut lubang membubut rumah bearing membubut tirus membubut ulir' ulir segi tiga menbubut luar menghitung berat logam mesin batu candi mesin bor mesin bor frais mesin bubut mesin bubut bekas mesin bubut china mesin bubut kayu sederhana mesin frais mesin jigsaw mesin kertas rumput mesin lain mesin perkakas mesin potong batu Mesin potong batu candi mesin potong pandan mesin rajang pandan metode pencekam benda mesin bubut micrometer milimeter milling mobil esemka pahat bubut pahat bubut karbide pahat bubut lubang pahat potong paper shreder pemotongan mesin bubut pendingin pengecoran pengetahuan bahan pengukuran perawatan perlengkapan mesin bubut pipa produk produksi proyek rpm mesin bubut SMK snei dan tap springback tahun baru imlek tangga besi tehnik bubut tips tips and trick tips dan trik tumpek landep. tutorial tutorial mesin bubut tv online streaming ulir segi empat ulir segi tiga waktu membubut waktu pembubutan wanita dan mesin bubut women on lathe zubal

Yang Lagi Serius




 

Google+ Followers

About Me

Foto Saya

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Copyright © 2009-2016 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger