Cari di Blog Ini

Jumat, 15 Juli 2011

Chuck Rahang Empat dan Pemakaiannya pada Mesin Bubut

Setelah membahas dan memahami tentang chuck rahang tiga di postingan sebelumnya,maka sekarang kita akan lanjut membahas tentang chuck rahang empat. Perbedaan yang menonjol dari kedua aksesoris mesin bubut ini selain dari jumlah chucknya adalah dari pergerakan rahang-rahangnya.
Rahang dari chuck rahang tiga bergerak serentak,sedangkan chuck rahang empat bergerak sendiri-sendiri atau independent.
pergerakan rahang chuck

chuck rahang empat
Kapan kita memakai chuck rahang empat? Bila kita mengerjakan suatu job dengan ketelitian yang tinggi terhadap setrisitasnya maka chuck rahang empat tepat digunakan walaupun akan memerlukan waktu yang lebih lama dalam penyetelan dibandingkan dengan menggunakan chuck rahang tiga.
Selain itu biasanya juga dipakai ketika:
  • membubut eksentrik
  • membubut benda yang bentuknya tidak teratur
  • membubut benda yang bentuknya segi empat,delapan,dll
Pada ulasan ini kita akan mengambil contoh penggunaan chuck rahang empat dalam membuat lubang eksntrik seperti gambar berikut. Gambar ini adalah milik Mr.Hirata,pengasuh laman www.nmri.go.jp
Gambar kerja ini adalah sebuah gambar bodi dari sebuah robot ikan. Lubang yang akan dibuat adalah slot untuk bagian ekornya.
contoh gambar kerja

membubut lubang eksentrik



Pada gambar di atas kita lihat,posisi rahang chuck bisa disetel sedemikian rupa agar bisa memposisikan titik pusat lubang sepusat dengan spindel.

proses selanjutnya
Langkah yang sama dilakukan untuk mengerjakan lubang yang lainnya.
Pada gambar di bawah  terlihat proses pembubutan lubang kedua hampir selesai.

hasil lubang
Itulah sekilas tentang contoh pemakaian chuck rahang empat,alat atau  aksesoris yang juga sangat penting dalam pengoperasian mesin bubut.
Masih banyak alat penunjang atau aksesoris yang biasa dipakai pada mesin bubut,namun kita akan membahasnya dalam postingan terpisah pada kesempatan berikutnya.

0 comments:

Labels

aksesoris alat tangan Aplikasi Android aplikasi caliper aplikasi lathe worker aplikasi mesin bubut bahan kerja bahaya mesin bubut baja karbon bearing belajar mesin bubut belajar bubut belajar mesin bubut bengkel bubut besi cor cara download rekaman smule cara membubut cara mengecor logam carbide tungsten chuck rahang empat chuck rahang tiga cutting feed drat drat sumur bor foto job fungsi mesin bubut galungan gambar ulir games tukang bubut hari raya inchi jangka sorong jenis ulir jig job job bubut jual mesin bubut jual mesin kertas rumput jual mesin potong batu jual mesin potong pandan jual sok drat kartel kecepatan potong keselamatan knurling kuningan las-bubut maintenance mata bor membuat lubang membuat mesin bubut kayu membuat ulir membubut alur membubut eksentrik membubut lubang membubut rumah bearing membubut tirus membubut ulir' ulir segi tiga menbubut luar menghitung berat logam mesin batu candi mesin bor mesin bor frais mesin bubut mesin bubut bekas mesin bubut china mesin bubut kayu sederhana mesin frais mesin jigsaw mesin kertas rumput mesin lain mesin perkakas mesin potong batu Mesin potong batu candi mesin potong pandan mesin rajang pandan metode pencekam benda mesin bubut micrometer milimeter milling mobil esemka pahat bubut pahat bubut karbide pahat bubut lubang pahat potong paper shreder pemotongan mesin bubut pendingin pengecoran pengetahuan bahan pengukuran perawatan perlengkapan mesin bubut pipa produk produksi proyek rpm mesin bubut SMK snei dan tap springback tahun baru imlek tangga besi tehnik bubut tips tips and trick tips dan trik tumpek landep. tutorial tutorial mesin bubut tv online streaming ulir segi empat ulir segi tiga waktu membubut waktu pembubutan wanita dan mesin bubut women on lathe zubal

Yang Lagi Serius




 

Google+ Followers

About Me

Foto Saya

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Copyright © 2009-2016 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger