++ Tutorial Mesin Bubut 6 : Membubut Alur dan Menggunakan Pahat Potong - Belajar Mesin Bubut

Cari di Blog Ini

Tuesday, June 21, 2011

Tutorial Mesin Bubut 6 : Membubut Alur dan Menggunakan Pahat Potong

Setelah memahami tehnik dalam membubut membubut luar dan membuat lubang di tutorial sebelumnya, sekarang kita akan melangkah mempelajari cara memotong benda kerja dengan mesin bubut dan cara membubut alur atau menggunakan sebuah pahat potong dalam suatu pengerjaan benda kerja dengan menggunakan mesin bubut.


pahat potong
Gbr.1 pahat potong
Pahat potong atau sering disebut pahat alur adalah salah satu alat potong yang sangat penting dalam pekerjaan di mesin bubut.
Secara umum pahat potong menyayat benda kerja secara vertikal terhadap sumbu spindel,dan arah pemakanannya hanya maju. Prinsipnya,pahat ini tidak boleh menyayat ke samping seperti pahat sisi,karena penampangnya yang begitu tipis sehinng mudah patah.

Disamping itu,dalam penggunaan pahat potong,keecepatan putaran mesin dan kecepatan pemakanan harus lebih rendah dari membubut biasa.Dan kedalaman penyayatan juga harus lebih rendah/tipis dari menggunakan pahat sisi serta memberi cairan pendingin selama proses pemotongan.
Penyetelan Pahat
 Penyetelan Pahat Bubut Potong
Gbr.2 Penyetelan Pahat Bubut Potong
Pahat potong harus terpasang tegak lurus terhadap sumbu benda kerja agar sisi potongnya menyayat sempurna,karena jika miring seperti Gbr.2(b) maka yang bukan sisi potong juga akan bergesekan dengan material sehingga pahat mudah patah.
Ketika pahat potong ditetapkan lebih tinggi dari pusat material seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2 (c), sisi potongnya tidak menyentuh materi. Alat pemotong harus diatur untuk sedikit lebih rendah dari pusat, sama halnya dengan menyetel pahat bubut samping. Tentu saja, aturan mendasar adalah bahwa ketinggian harus sama dari pusat material.
Membubut Sebuah Alur/Slot O-ring
O-ring merupakan salah satu perangkat segel,sealent atau penyekat dan digunakan dalam banyak mesin yang berhubungan dengan gas atau cairan.
 Penempatan O-ring
Gbr.3 Penempatan O-ring
O-ring diinstal ke slot seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3. O-ring bisa dipasang di permukaan luar seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3 (a),bisa dipermukaan sisi seperti Gbr(b), atau di diameter dalam lubang seperti gambar(c).Alur atau slot dapat dibuat dengan mudah menggunakan alat pahat potong.

Gambar 4 dan 5 menunjukkan contoh menggunakan O-ring.
O-ring Luar
Gbr4.O-ring Luar
O-ring Muka
Gbr5.O-ring Muka
Membuat alur o-ring seperti gambar di atas bukanlah hal yang sulit. Namun yang tersulit dari posisi o-ring adalah yang ditunjukkan oleh Gbr3.(c). Apalagi kalau diameternya kecil,akan sangat sulit dan diameter alur yang kita hasilkan juga tidak presisi. Membuat alur di lubang seperti ini,kita akan memakai pahat alur lubang seperti gambar 6.
pahat dalam
Gbr.6 Pahat Alur Dalam






4 comments:

Idol Aku1 said...

Permisi bos numpang nanya lagi, seandainya kita mau pasang oring luar pda ujung suatu as od 24mm, misalnya saya ingin ukuran oring tebal 4mm, od berapakah yg ideal untuk ukuran oringnya dan bagaimana menentukan kedalaman alurnya jg, apa sama 4mm dgn ketebalan oringnya, as ini berfungsi sebagai tutup pipa bertekanan angin. terima kasih..

Ari Antika said...

Untuk as dgn od 24,idealnya oringnya punya od 25. Kalo masalah kedalaman,bisa dibuat Sama dgn tbl oringnya (pressfit),tpi ingat lebar alurnya diberi suaian untuk space pemekaran karet oring,Buat lebar 4,5 misalnya.
Kalo dapetnya oring od 24,tbl 4mm,ttp bsa dipake,yg penting saat terpasang dia ttp lbih tinggi Dr od as dgn kata lain,kedalamannya lbih kecil dri tbalnya,..misal 3,5

Idol Aku1 said...

thanks atas jawabane masbro,

Idol Aku1 said...

terima kasih jawababe masbro..

 

About Me

My Photo

Bengkel NTK mengerjakan pekerjaan las dan bubut.
  • pagar
  • pintu
  • teralis
  • rolling door
  • dll

Produk  Lainnya

Pemesanan:

call/sms/WA   : 0812 4661 705
BBM               : 2a3a6c0f
email             : bengkel.ntk@gmail.com

Lencana Facebook

FB Page Admin

Copyright © 2009-2018 Belajar Mesin Bubut Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Published..Blogger Templates Powered by Blogger